Pemikiran Muhammad Natsir tentang pendidikan integral dan relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasioanal

Dian, Yurnades (2018) Pemikiran Muhammad Natsir tentang pendidikan integral dan relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasioanal. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (cover)
cover.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img] Text (bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK SkripsiDian Yurnades, Nim: 1314010506, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, dengan judulPemikiran Muhammad Natsir Tentang Pendidikan Integral dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Nasional, Program Sarjana (S-I) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, tahun 2018. Pendidikan merupakan faktor utama dalam menentukan maju dan mundurnya suatu bangsa. Kehadiran pendidikan sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan hidup dan eksistensi masyarakat Islam, sebab maju dan mundurnya suatu kaum tergantungkepada pendidikan yang berlaku di kalangan mereka, tidak ada yang terbelakang menjadi maju melainkan sesudah memperbaiki pendidikan mereka. Gagasan Muhammad Natsir mengenai pendidikan integral yaitu keseimbangan antara pendidikan agama dan pendidikan umum merupakan wujud upaya Muhammad Natsir untuk meningkatkan mutu pendidikan.Upaya Muhammad Natsir tersebut relevan dengan sistem pendidikan nasional saat ini.Oleh sebabitu penulis tertarik dan merasa perlu untuk membahas kembali tentang pemikiran Muhammad Natsir. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mengetahui tentang tujuan pendidikan menurut Muhammad Natsir, 2) mengetahui bagaimana pendidikan integral menurut Muhammad Natsir, 3) mengetahui relevansi pendidikan integral pemikiran Muhammad Natsir dengan Sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur kepustakaan baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu.Dalam penelitian ini menggunakan karya-karya Muhammad Natsir berupa buku-buku, jurnal dan lainnya sebagai sumber data primer. Dari hasil penelitian terhadap karya-karya Muhammad Natsir terungkap pemikiran tentang pendidikan integral yang meliputi, pertama, tujuan pendidikan Muhammad Natsir identik dengan tujuan hidup manusia yaitu ajaran tauhid dan menjadi hamba Allah yang sesungguhnya. Kedua, pendidikan integral yaitu, seimbang antara jasmani dan ruhani, seimbang dunia dan akhirat, dan seimbang pendidikan agama dan pendidikan umum.Ketiga, Gagasan Muhammad Natsir tentang tujuan pendidikan dan pendidikan integral ada kesesuaiannya atau relevan dengan Sistem Pendidikan Nasional, a) dilihat pada tujuan pendidikan nasional yaitu beriman, bertakwa dan beraklak mulia, b) relevansi pendidikan integral Muhammad Natsir relevan dengan Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang bahan materi ajar yang mencakup semua disiplin ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:54
Last Modified: 05 Nov 2018 08:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item