Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Jumlah Jama'ah Umrah Pada PT Asyesa Hasanah Tour & Travel Kota Padang

Anak Ampun, Mansuri (2023) Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Jumlah Jama'ah Umrah Pada PT Asyesa Hasanah Tour & Travel Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu komunikasi.

This is the latest version of this item.

[img] Text (cover)
5a0cc9b725ca4925bb6adf9f48a6c109.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 SKRIPSI-2 (1) (1).pdf

Download (701kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (511kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V mansuri terbaru-1-digabungkan (1).pdf

Download (405kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
WhatsApp Image 2023-10-02 at 12.52-digabungkan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh: Mansuri Anak Ampun, Nim 1912030015 dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing mix) Dalam Meningkatkan Jumlah Jama’ah Umrah Pada PT Asyesa Hasanah Tour & Trevel Kota Padang”. Program studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, tahun 2023. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya ketidaksetabilan jama’ah umrah yang menggunakan jasa trevel PT Asyesa Hasanah dengan dibuktikan dengan adanya data keberangkatan jama’ah dari 2018 sampai 2022, tentu pasti ada kendala atau masalah. Maka dari itu peneliti ingin melihat bagaimana cara perusahaan menerapkan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam meningkatkan jumlah jama’ah umrah pada PT Asyesa Hasanah Tour & Trevel Kota Padang, agar potensi jama’ah semakin meningkat dan stabil dengan diterapkannya konsep bauran pemasaran yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam meningkatkan jumlah jama’ah umrah pada PT Asyesa Hasanah Tour & Trevel Kota Padang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi produk, harga, tempat dan promosi dalam meningkatkan jumlah jama’ah umrah pada PT Asyesa Hasanah Tour & Trevel Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena dianggap relevan untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi di lapangan. Jenis pengumpulan data dengan menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti di lapangan, wawancara bersama staf yang ada di PT Asyesa Hasanah Tour & Trevel, dan dokumen-dokumen seperti data internal dan eksternal yang membantu penelitian. Sumber data dari penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh dari Direktur Utama, Menejer Marketing, Admin Keuangan dan data skunder dari dokumen, foto, surat-surat yang terkait dengan penelitian. Sedangkan teknik analisa data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa PT Asyesa Hasanah Tour & Trevel menggunakan konsep bauran pemasaran yaitu startegi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Dalam hal strategi produk yang digunakan ialah dengan meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan serta memberikan bonus-bonus bagi jama’ah, sedangkan strategi harga yaitu dengan memberikan tiga kategori harga supaya semua kalangan bisa melaksanakan umrah, sedangkan dalam strategi tempat ialah dengan memilih tempat yang strategis yang mudah dijangkau oleh para calon jama’ah umrah dan berada pada pusat keramaian, sedang dalam strategi promosi ialah dengan menggunakan dua metode yaitu dengan Online dan Offline, promosi onnline dengan cara menggunakan promosi dengan media sosial, baik itu Fecebook, instagram dan Whatsapp sedangkan dengan promosi offline dengan cara memperbanyak agen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, dan Promosi
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:02
Last Modified: 02 Oct 2023 08:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14724

Available Versions of this Item

  • Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Jumlah Jama'ah Umrah Pada PT Asyesa Hasanah Tour & Travel Kota Padang. (deposited 02 Oct 2023 08:02) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item