Internalisisi Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Payakumbuh

Aidil, Muhammad (2023) Internalisisi Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Skripsi_Full_Text_Muhammmd Aidil_1914010115)
Skripsi_Fulltext_MUHAMMAD AIDIL_1914010115.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Cover, Perstetujuan, Pengesahan, Kata Pengatar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (602kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (243kB)

Abstract

Maraknya aksi radikalisme dan terorisme atas nama Islam di global maupun di indonesia sedikit banyaknya telah menempatkan umat Islam sebagai pihak yg dipersalahkan. Ajaran jihad dalam Islam sekali dijadikan dalil atau target tuduhan sebagai asal primer terjadinya kekerasan atas nama agama oleh umat Islam. Akhirnya terwacanakan Islam yang liberal, bebas dan tidak terkontrol. Disisi lain, ekstrimisme merebak pada warga indonesia dampak ajaran Islam transnasional (lintas nasional atau lintas kebangsaan). Ideologi gerakan ini tidak lagi bertumpu di konsep nation-state, melainkan konsep umat. Dua persoalan tadi mendapat perhatian asal pemerintah Indonesia. Untuk melawan dua arus besar tersebut, pemerintah mewacanakn Islam moderat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan internalisasi prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kota Payakumbuh, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan internalisasi prinisp-prinisp moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kota Payakumbuh, 3) Untuk mengetahui evaluasi internalisasi prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kota Payakumbuh. Dalam penelitian ini, peneliti mengungunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di MAN 1 Kota Payakumbuh melalui teknik wawancara, observasi dan dokomentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan internalisasi prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kota Payakumbuh yaitu melalui kegiatan latihan rutin mingguan dan kegiatan tahunan. 2) Pelaksanaan internalisasi prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kota Payakumbuh yaitu kegiatan latihan rutin mingguan seperti pioneering, semaphore, baris berbaris dan kegitan tahuan seperti upacara, permainan kelompok, perjalanan lintas alam. 3) Evaluasi internalisasi prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kota Payakumbuh yaitu dilihat dari pergaulan siswa sehari-hari dilingkungan madrasah dan pada saat latihan rutin mingguan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Kegiatan Ekstrakurikuler
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:58
Last Modified: 30 Jan 2024 07:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item