PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index JII Tahun 2017-2021)

Dita, Anisa Fitri (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index JII Tahun 2017-2021). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER,DLL ANISA FD.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 ANISA FD.pdf - Published Version

Download (788kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 ANISA FD.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
BAB 5 - DAPUS ANISA FD.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT ANISA FD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran Perusahaan dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2017-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan melalui laporan keuangan tahunan (annual report) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2017-2021. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 9 perusahaan. Data diolah menggunakan eviews 12. Metode analisis data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif dan metode analisis regresi data panel. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Dan variabel umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Selanjutnya untuk hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index JII tahun 2017-2021. Nilai koefisien determinasi sebesar 6% yang dipengaruhi oleh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan sedangkan sisanya 94% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Pengungkapan Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Pengungkapan Islamic Social Reporting.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:49
Last Modified: 12 Oct 2023 02:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14702

Actions (login required)

View Item View Item