Resepsi Sistem Nilai Al-Qur’an Terhadap Keluarga Berencana di Kampung KB Desa Semundam Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

Rozika, Rowis (2023) Resepsi Sistem Nilai Al-Qur’an Terhadap Keluarga Berencana di Kampung KB Desa Semundam Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V- Dapus.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Skripsi Full Rowis Rozika)
Skripsi Rowis Rozika DONE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ditetapkan Desa Semundam sebagai Kampung KB pada tahun 2017. Program ini dibentuk pemerintah karena laju penduduk yang reatif cepat dan tingkat kemiskinan tinggi. Salah satu upaya untuk mencegah hal tersebut adalah program Keluarga Berencana. Penelitian ini mengangkat permasalahan pemahaman masyarakat Kampung KB Desa Semudam terhadap ayat-ayat al-Qur’an tentang program KB. Fokus penelitian yaitu; 1) Pro dan kontra masyarakat Kampung KB Desa Semundam tentang Keluarga Berencana. 2) Sistem nilai al-Qur’an yang diyakini oleh masyarakat Kampung KB Desa Semundam terhadap Keluarga Berencana. 3) Analisis sistem nilai al-Qur’an terhadap Keluarga Berencana di Kampung KB Desa Semundam. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data primer penelitian adalah orang yang bersangkutan dengan data yang penulis butuhkan yaitu, tokoh agama, adat, perangkat desa maupun masyarakat di lokasi penelitian. Sedangkan data sekunder adalah data yang penulis peroleh dari buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan langkah editing, penyajian data, penganalisian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu; 1) Program KB di Kampung KB Desa Semundam menuai pro dan kontra. Mereka yang pro beragumen bahwa Ber-KB boleh dilakukan asalkan ada suatu sebab yang pasti, seperti masalah kesehatan, pendidikan maupun ekonomi. Mereka yang kontra beralasan ber-KB tanpa ada alasan yang tidak jelas dilarang oleh syariat Islam, seperti membatasi anak karena takut akan kemiskinan. 2) Sistem nilai al-Qur’an yang dianut masyarakat Kampung KB Desa Semundam, yaitu perekonomian karena rezeki sudah dijamin oleh Allah SWT termasuk juga pendidikan, pasangan suami istri harus memikirkan kelangsungan hidup anak di masa mendatang. Dan kesehatan, ber-KB untuk memberi jarak kelahiran anak agar jiwa si ibu dan anak sehat. 3) Ber-KB merupakan suatu perencanaan untuk merencanakan kelahiran anak. Program KB mencegah artinya bukan membatasi, dalam menggunakan peralatan kontrasepsi sejenisnya akan memberi jarak pada kelahiran agar menjaga stabilitas kesehatan ibu, pendidikan terhadap anak, perhatian orang tua terhadap anak dan mengatur perekonomian dalam kehidupan berumah tangga agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Berencana, Kampung KB, Sistem Nilai
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:21
Last Modified: 09 Oct 2023 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14685

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item