PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI E-COMMERCE YANG DIMODERASI OLEH RELIGIUSITAS (Studi Kasus Penggunaan BSI Mobile Pada Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)

Putri, Sandi (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI E-COMMERCE YANG DIMODERASI OLEH RELIGIUSITAS (Studi Kasus Penggunaan BSI Mobile Pada Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (FULLTEXT)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (COVER)
Cover,Pengesahan, P.Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (628kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan mahasiswa untuk bertransaksi E-commerce menggunakan BSI Mobile dengan religiusitas sebagai variabel moderasi studi kasus pada mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan).Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Hair sebanyak 112 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SmartPLS 3.0 dengan menggunakan uji AVE, uji R-square, uji Path Coefficient dan uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh Kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Penggunaan BSI Mobile sebagai sarana untuk bertransaksi di E-commerce dibuktikan dengan nilai Regresinya sebesar 0,131, nilai T Statistiknya sebesar 1,030 dan P value 0,127. Tingkat penggunaan BSI Mobile dapat ditentukan oleh Pengaruh Kepercayaan, dan penelitian ini tidak sejalan dengan teori tersebut. Pengaruh Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan BSI Mobile sebagai sarana untuk bertransaksi E-commerce dibuktikan dengan nilai Regresinya sebesar 0,726, nilai T Statistiknya sebesar 5,350, dan nilai P Value nya sebesar 0,000. Tingkat pengguna BSI Mobile dapat ditentukan oleh Pengaruh Kemudahan dan penelitian ini sejalan dengan teori tersebut. Religiusitas memperkuat Kepercayaan Terhadap Keputusan Bertransaksi E-commerce yang dibuktikan dengan nilai Regresinya sebesar 0,444, nilai T Statistiknya sebesar 2,364, dan P Value 0,018. Tingkat penggunaan BSI Mobile dapat ditentukan oleh religiusitas, dan penelitian ini tidak sejalan dengan teori tersebut. Religiusitas memperlemah Kemudahan Terhadap Keputusan Bertransaksi E-commerce Penggunaan BSI Mobile pada Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ini tidak sejalan dengan teori dipaparkan diatas, dibuktikan dengan nilai Regresinya sebesar -0,463, nilai T Statistiknya sebesar 2,368, dan P Value sebesar 0,018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kemudahan, Pengaruh Kepercayaan, Keputusan Bertransaksi, Religiusitas.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:56
Last Modified: 11 Oct 2023 03:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14630

Actions (login required)

View Item View Item