Pengaruh Media Diatonik Gelas Kaca terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran SBDP Kelas V di SD Dian Andalas Padang

Dewi, Mahisa Cempaka (2023) Pengaruh Media Diatonik Gelas Kaca terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran SBDP Kelas V di SD Dian Andalas Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Mahisa Cempaka Dewi.1914070019.Cover.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB I)
Mahisa Cempaka Dewi.1914070019. BAB I.pdf - Published Version

Download (976kB)
[img] Text (BAB III)
Mahisa Cempaka Dewi.1914070019.BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Mahisa Cempaka Dewi.1914070019.BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] Text (FULL TEKS SKRIPSI)
Mahisa Cempaka Dewi.1914070019.Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang minat dalam pembelajaran SBDP dilihat dari hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah dibuktikan dari 47 peserta didik 19 peserta didik yang tuntas nilai UTS semester genap dan 28 peserta didik yang tidak tuntas. Hal ini terlihat dari pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media diatonik gelas kaca dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu pertama, untuk mengetahui pengaruh media diatonik gelas kaca terhadap hasil belajar peserta didik. Kedua, untuk mengetahui adanya perbedaan dengan menggunakan media diatonik gelas kaca dan tidak menggunakan media diatonik gelas kaca. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Dian Andalas Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VA dan kelas kontrol adalah kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 22 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 53,20 menjadi 88,40. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 50,40 menjadi 65,45. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 22 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = <,000 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α <0,05 dan Thitung >Ttabel maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 <0,05). Hal ini berarti bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan media diatonik gelas kaca dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media diatonik gelas kaca (konvensional). Hal ini berarti bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan media diatonik gelas kaca lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media diatonik gelas kaca (konversional).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diatonik Gelas Kaca, Hasil Belajar, Pembelajaran SBDP
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Seni dan Olahraga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:53
Last Modified: 31 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item View Item