Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas V MIS Muallimin Tabek Kabupaten Solok

Wahyuni, Hesti (2023) Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas V MIS Muallimin Tabek Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (COVER)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI HESTI WAHYUNI BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI HESTI WAHYUNI BAB III.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI HESTI WAHYUNI BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI HESTI WAHYUNI FULL OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran secara optimal. Dalam proses pembelajaran pendidik terlalu berkonsentrasi pada latihan soal serta kurang memperhatikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Beberapa peserta didik kurang aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Sebagian besar peserta didik masih takut dan ragu dalam menyelesaikan soal yang belum pernah dicontohkan pendidik. Oleh karena itu, perlu diterapkannya model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan saat diterapkannya model pembelajaran CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan tidak diterapkannya model pembelajaran CPS. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas V MIS Muallimin Tabek, sampel yang digunakan adalah total sampling dengan peserta didik kelas VB sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai tes akhir (post-test) kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 81,56 dan rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol 76,19. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 29 diperoleh sig α < 0,05 dan Thitung > Ttabel dengan signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar 0,033 dan Thitung sebesar 2,241 maka didapatkan bahwa (0,033 < 0,05 dan 2,241 > 2,042). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti saat diterapkannya model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dibandingkan saat diterapkan model kooperatif pada mata pelajaran Matematika kelas V MIS Muallimin Tabek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:28
Last Modified: 08 Oct 2023 18:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14609

Actions (login required)

View Item View Item