EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT TERKAIT SOSIALISASI PEMILU 2024 (Studi Pada Instagram Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat)

Rahma, Nora (2023) EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT TERKAIT SOSIALISASI PEMILU 2024 (Studi Pada Instagram Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover, Abstrak, dan Pengesahan)
COVER DLL.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT TERKAIT SOSIALISASI PEMILU 2024 (Studi Pada Instagram Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat))
FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Nama : Rahma Nora Program Studi : Komunikasi Penyiaran Islam Judul : Efektivitas Akun Instagram terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat terkait Sosialisasi Pemilu 2024 (Studi Pada Instagram Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat) Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan seseorang untuk mencari informasi secara aktif muncul ketika menyadari bahwa ada ketidakpastian dalam suatu situasi. Tingkat efektivitas informasi yang disampaikan melalui media tertentu sangat tergantung pada sejauh mana informasi tersebut dapat dipahami oleh audiens. Salah satunya, upaya penyebaran informasi melalui platform Instagram oleh instansi pemerintah Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat, yang bertujuan untuk mensosialisasikan Pemilihan Umum terkait Pemilu 2024. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana efektivitas akun Instagram @kpu_sumbar dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat terkait sosialisasi Pemilu 2024, dan apakah terdapat pengaruh yang signifikkan antara efektivitas akun Instagram tersebut dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat terkait sosialisasi Pemilu 2024?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas akun Instagram dan pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat terkait sosialisasi terkait Pemilu 2024, serta menjelaskan pengaruh efektivitas akun Instagram terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat terkait sosialisasi terkait Pemilu 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan paradigma positivisme. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan 100 responden masyarakat Kota Padang Panjang yang memiliki akses internet dan sosial media. Kuesioner yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data mencakup teknik analisis stastistika deskriptif, uji normalitas, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semakin tinggi efektivitas akun Instagram, semakin baik pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat. Dalam hal ini, efektivitas akun Instagram @kpu_sumbar tercermin dalam persentase yang tinggi, sebesar 81,92%. Selain itu, terdapat tingkat pemenuhan kebutuhan informasi yang signifikan melalui akun Instagram tersebut terkait sosialisasi Pemilu 2024, sebesar 82,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Instagram, Pemilu 2024, Kebutuhan Informasi Masyarakat
Subjects: U Umum (General)
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:07
Last Modified: 02 Oct 2023 08:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14585

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item