Penggerakan Kelompok Kerja Penyuluh Agama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam Pembinaan Keagamaan Bagi Warga Binaan Perempuan di Rutan Kelas II B Padang

Adha, Ibra (2023) Penggerakan Kelompok Kerja Penyuluh Agama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam Pembinaan Keagamaan Bagi Warga Binaan Perempuan di Rutan Kelas II B Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pernyataan keorisinalan, persetujuan pembimbing, pengesahan, abstrak, kata Pengantar, daftar isi)
Ibra Adha-MD-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text (Bab 1)
Ibra Adha-MD-BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Bab 3)
Ibra Adha-MD-BAB III.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar pustaka)
Ibra Adha-MD-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Fulltext)
Ibra Adha-MD-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyuluh agama sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 791 tahun 1985, adalah pembimbing umat beragama dalam rangka pembinaan mental, moral dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Persoalan yang dihadapi oleh penyuluh sekarang, adalah tantangan dakwah yang bersifat internal (kekurangan sumber dana dan kesibukan anggota di luar kelompok) dan eksternal (tidak tersedia transportasi dan menghadapi warga binaan yang berpakaian kurang sopan saat melakukan pembinaan). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seperti apa pemberian motivasi, pemberian bimbingan dan penjalinan hubungan (koordinasi) yang dilakukan oleh Pimpinan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data, yaitu: ketua, sekretaris, bendahara, koordinator bidang publikasi dan dakwah, koordinator bidang humas kerjasama dan kemitraan, koordinator bidang dana dan sosial, serta 3 anggota kelompok kerja penyuluh agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pemberian motivasi pimpinan dalam bentuk ungkapan langsung seperti: mengingatkan kepada anggota untuk bersiap-siap pergi ke pembinaan, menyelesaikan laporan tugas, membagi tim pembinaan dimana setiap tim ada salah seorang yang membawa kendaraan roda empat sehingga bagi anggota yang tidak mempunyai kendaraan bisa terbantu dengan ikut menumpang anggota tersebut, dan menyampaikan promosi angka kredit untuk kenaikan pangkat. Ungkapan tidak langsungnya ketua mengingatkan dan menyampaikannya lewat telepon dan WhatsApp group; kedua, pemberian bimbingan pimpinan dalam bentuk ungkapan langsung jika anggota mempunyai kendala dalam membuat tugas laporan ketua membimbing, menunjukkan cara- caranya, memberi nasehat, dan solusi kepada anggota. Ungkapan tidak langsungnya ketua mengingatkan dan menyampaikan lewat telepon dan WhatsApp group; ketiga, penjalinan hubungan (koordinasi) pimpinan dalam bentuk ungkapan langsung dengan pihak rutan ketika memasuki pintu masuk rutan ketua dan tim penyuluh menyampaikan kepada pihak rutan bahwasanya mau melakukan pembinaan, dan menyampaikan kepada pihak rutan untuk mengkondisikan warga binaan perempuan untuk memakai mukenah apabila saat melakukan pembinaan. Ungkapan tidak langsung ketua dengan Pihak Rutan Anak Air Kelas II B Padang lewat telepon dan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggerakan, Kelompok Kerja penyuluh, Pembinaan
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:34
Last Modified: 07 Oct 2023 04:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14562

Actions (login required)

View Item View Item