PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN KPR SUBSIDI PADA BANK BTN SYARIAH KCP BUKITTINGGI DAN BANK BTN KC PADANG

Mysarah, - (2023) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN KPR SUBSIDI PADA BANK BTN SYARIAH KCP BUKITTINGGI DAN BANK BTN KC PADANG. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
MYSARAH_1916050118_COVER (3).pdf - Published Version

Download (742kB)
[img] Text (BAB I)
MYSARAH_1916050118_BAB 1.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB III)
MYSARAH_1916050118_BAB III.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB V)
MYSARAH_1916050118_BAB V.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (FULL TEXS)
MYSARAH-1916050118_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permintaan terhadap perumahan menunjukkan sifat yang tidak responsif terhadap perubahan pendapatan, terutama di kalangan masyarakat dengan penghasilan rendah Individu yang berpenghasilan rendah menghadapi kesulitan dalam mengakses perumahan yang memadai orang dengan pendapatan terbatas mungkin mengalami kesulitan dalam membeli rumah karena keterbatasan dana, kesulitan menabung untuk uang muka, beban hutang yang besar, atau skor kredit yang rendah). Tingkat pendidikan juga faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan KPR Subsidi dimana tingkat pendidikan yang lebih tinggi secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan permintaan perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh tingkat pendidikan terhadap keputusan nasabah menggunakan KPR Subsidi Pada Bank BTN Syariah KCP Bukittinggi dan Bank BTN KC Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sunber data dalam penelitian ini yaitu data primer Dalam penelitian ini sumber data primer yaitu diperoleh berdasarkan jawaban dari penyebaran kuesioner kepada responden mengenai variabel-variabel tingkat Pendidikan dan pendapatan terhadap keputusan nasabah menggunakan KPR subsidi pada bank BTN Syariah KCP Bukittinggi dan Bank BTN KC Padang. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 96 orang nasabah. Dan teknik pengambilan sampel menggunkan teknik Slovin dengan metode purposive sampling. Dengan pengolahan data primer yang digunakan teknik Analisis regresi probit. Model probit menggunakan Normal Cumulative Distribution menjelaskan fungsi persamaannya dengan bantuan program aplikasi Stata. Hasil penelitian ini menunjukkan Tingkat pendidikan SD tidak berpengaruh positif dan signifikan karena nilai koefisien regresi dari tingkat pendidikan SD memiliki nilai signifikan 0.261 lebih besar dibandingkan dengan 0.05. Tingkat pendidikan SMP berpengaruh positif dan signifikan karena nilai signifikan 0.006 lebih kecil dibandingkan dengan 0.010. Tingkat pendidikan SMA berpengaruh positif dan signifikan dengan nilaisignifikan 0.001 lebih kecil dibandingkan dengan 0.10. Tingkat Pendidikan Perguruan Tinggi berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikan 0.088 lebih kecil dibandingkan dengan 0.10. Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,207 dengan nilai signifikan sebesar 0,057 < 0.10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Keputusan Nasabah
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 01 Oct 2023 01:17
Last Modified: 01 Oct 2023 01:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item