Pengaruh Pengetahuan,Kepercayaan dan Kesadaran Diri Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Perniagaan (Studi Kasus Pemilik Toko Emas di Kabupaten Solok Selatan)

Wahyudi, Wawan (2023) Pengaruh Pengetahuan,Kepercayaan dan Kesadaran Diri Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Perniagaan (Studi Kasus Pemilik Toko Emas di Kabupaten Solok Selatan). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (BAB I)
Wawan Wahyudi. Nim 1916010128. BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
Wawan Wahyudi. Nim 1916010128. BAB III.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Wawan Wahyudi. Nim 1916010128. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Cover)
SKRIPSI WAWAN Cover.pdf - Published Version

Download (532kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk menganalisis “pengaruh pengetahuan, kepercayaan dan kesadaran diri terhadap minat muzakki membayar zakat perniagaan”(Studi kasus pemilik Toko Emas di Kabupaten Solok Selatan). Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya minat mengeluarkan zakat mal dari penghasilan harta-harta niaga, dalam hal ini peneliti melihat dari perniagaan emas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mengambil jumlah sampel sebanyak 30 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling lalu membagikan setiap kuesioner kepada responden secara langsung. Teknik untuk analisis datanya yaitu dengan metode SemPLS dengan menggunakan program SmartPLS4. Berdasarkan hasil Analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat muzakki untuk membayar zakat perniagaan, namun pengetahuan masih berpengaruh positif terhadap minat muzakki membayar zakat perniagaan, hal ini diunjukkan dengan nilai koefisiennya sebesar 0.021. Variabel dari pengetahuan tidak meningkatkan minat muzakki dalam membayar zakat perniagaan karena pengetahuan nya tentang zakat perniagaan itu masih minim, namun ini tidak selalu berarti bahwa orang yang memiliki pengetahuan yang rendah atau terbatas tentang zakat tidak akan membayarnya. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi perilaku keagamaan seseorang, seperti keyakinan pribadi, budaya, lingkungan sosial, dan pengalaman pribadi. Kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat muzakki untuk membayar zakat perniagaan dan kesadaran diri juga memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat muzakki untuk membayar zakat perniagaan. Artinya apabila kepercayaan muzakki tinggi kepada pengelola zakat dan kesadaran dirinya juga tinggi untuk membayar zakat perniagaan, maka minat untuk membayar zakat perniagaan tersebut akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat membayar zakat perniagaan,Pengetahuan,Kepercayaan,Kesadaran Diri
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 02 Oct 2023 05:57
Last Modified: 02 Oct 2023 05:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item