Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu di Kantor Kecamatan Padang Selatan dalam Perwujudan Good Governance Perspektif Siyasah Idariyah

Evani, Ayu Aderita (2023) Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu di Kantor Kecamatan Padang Selatan dalam Perwujudan Good Governance Perspektif Siyasah Idariyah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Ayu Aderita.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text (BAB I)
AYU ADERITA EVANI 1913030014 (BAB I SKRIPSI) (1).pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (BAB III)
AYU ADERITA EVANI 1913030014 (BAB III SKRIPSI) (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
AYU ADERITA EVANI 1913030014 ( BAB V dan Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (Fulltext)
full text Skripsi Ayu Aderita Evani 1913030014 HTN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyelenggaraan PATEN di Kecamatan Padang Selatan terhadap upaya mewujudkan good governance terhadap kualitas pelayanan publik. PATEN yang terlaksana dengan baik merupakan salah satu tujuan good governance. PATEN ini muncul karena adanya keluhan masyarakat dilembaga pemerintahan, berdasarkan regulasi yang ada maka di bentuklah PATEN untuk melihat bagaimana pelaksanan PATEN terhadap asas keterbukaan, asas ketepatan waktu dan asas kecepatan, kemudahan, dan keterjangkuan yang ada di pelayanan publik di Kecamatan Padang Selatan. Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mendeskripsikan konsep penerapan PATEN di Kecamatan Padang Selatan; kedua, untuk menjelaskan implementasi PATEN di Kecamatan Padang Selatan; ketiga, untuk menganalisis implikasi penerapan PATEN terhadap good governance di Kecamatan Padang Selatan. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang didapatkan dari hasil wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul diolah dan ditulis dengan cara analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, PATEN suatu bentuk penyelenggaraan dari pelayanan publik di Kecamatan dari tahap permohonan sampai tahap terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu meja pelayanan. PATEN diatur dalam PERMENDAGRI No. 4 Tahun 2010 yang mana seluruh kecamatan sudah harus menerapkan program paten ini. PATEN di Kecamatan Padang Selatan sudah diterapkan dari tahun 2017, Kecamatan Padang Selatan terbilang lambat dalam menerapkan PATEN; kedua, Pelaksanaan PATEN di Kecamatan Padang Selatan berupa pelayanan non perizinin,pelayanan di laksanakan melalui online dengan web http://sirancak.disdukcapil.padang.id berdasarkan uraian tentang pelaksanaan kebijakan pelayanan PATEN yang terlaksana di Kecamatan Padang Selatan dapat di ketahui bahwa pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik sesuai dengan asas keterbukaan, asas ketepatan waktu dan asas kecepatan, kemudahan, dan keterjangkuan dalam pelayanan publik, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan antara lain kurangnya tenaga kerja pegawai kecamatan, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan aplikasi sirancak, kurangnya ruangan penyimpanan arsip; ketiga, implikasi PATEN di Kecamatan Padang Selatan dalam perwujudan good governance berhasil menciptakan inovasi untuk mewujudkan layanan yang prima dan berjalanya prinisip-prinsip good governance dalam pelayanan PATEN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN), Good Governance
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:52
Last Modified: 12 Oct 2023 02:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item