Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Perdagangan Kota Padang

Pauzia, Willya (2023) Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Perdagangan Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
SKRIPSI COVER AKHIR _WILLYA PAUZIA-1-13.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI AKHIR _BAB 1_WILLYA PAUZIA-14-22.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI AKHIR_BAB 3 _WILLYA PAUZIA-52-62.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI AKHIR _BAB 5 _WILLYA PAUZIA-94-101.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI AKHIR FULL _WILLYA PAUZIA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi karena Terdapat perbedaan antara kinerja pegawai yang satu dengan kinerja pegawai yang lainnya. Perbedaan tersebut terjadi karena banyak pegawai dalam bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan standar minimal yang menjadi budayanya (hanya untuk memenuhi indikator kinerja utamanya saja, sementara ada pegawai yang lainnya dapat bekerja secara aktif, antusias mengabdikan dirinya untuk kepentingan organisasi. Kemudian, terdapat masalah lingkungan kerja di temukan seperti kurangnya ketentraman di lingkungan kerja berupa suasana ruangan kantor yang sempit menyebabkan ruang gerak pegawai menjadi tidak leluasa, sirkulasi udara yang kurang baik di beberapa ruangan karena ac tidak stabil atau tidak berfungsi dengan baik dan ruangan pencahayaan yang kurang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Dinas Perdagangan Kota Padang, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai ASN Dinas Perdagangan Kota Padang dengan sampel 90 orang pegawai ASN, dengan menggunakan metode pengambilan sampel sensus. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM dengan program Smart PLS 3.2.9. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat Lingkungan kerja positif dan namun tidak signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perdagangan Kota Padang, Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perdagangan Kota Padang. Artinya setiap peningkatan kepuasan kerja pegawai akan meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Perdagangan Kota Padang, Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Dinas Perdagangan Kota Padang. Kepuasan kerja memediasi hubungan antara lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada dinas perdagangan kota padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 01 Oct 2023 01:26
Last Modified: 05 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14401

Actions (login required)

View Item View Item