Dampak Literasi Finansial Terhadap Keputusan Menggunakan Buy Now Pay Later Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee PayLater Di Kota Padang)

Pebrianti, Anisa (2023) Dampak Literasi Finansial Terhadap Keputusan Menggunakan Buy Now Pay Later Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee PayLater Di Kota Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER DAN LAIN-LAIN)
COVER DAN LAIN-LAIN_Anisa Pebrianti (1916010090).pdf - Published Version

Download (878kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Anisa Pebrianti (1916010090).pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_Anisa Pebrianti (1916010090).pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB V DAN DAPUS)
BAB V dan DAPUS_Anisa Pebrianti (1916010090).pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT_Anisa PEbrianti (1916010090).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat belanja online pada aplikasi Shopee yang sudah berkembang saat ini dengan adanya fitur terbaru yang tersedia yaitu pembayaran belanja menggunakan fitur Shopee PayLater yang dikenal dengan istilah “Buy Now Pay Later” atau beli sekarang, bayar nanti sehingga dapat menimbulkan bunga dan utang yang berlebih jika pengguna tidak dapat mengatur keuangan dengan baik apabila terlambat membayar tagihan PayLater. Untuk itu, penting bagi pengguna untuk memahami dengan benar mengenai literasi finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak literasi finansial atau literasi keuangan terhadap keputusan menggunakan Buy Now Pay Later Pada E-Commerce Shopee pada reseller pengguna Shopee PayLater di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Cochran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan diolah menggunakan SPSS versi 20. Untuk uji hipotesis juga menggunakan analisis SEM PLS dengan smartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel literasi keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan Shopee PayLater. Dapat dilihat dari nilai signifikansi literasi finansial 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dilihat dari 5,337 > 1,966. Pada SEM, Nilai t-statistic sebesar 4.647 > 1,966 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Menggunakan, Shopee PayLater, Literasi Finansial
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 01 Oct 2023 01:39
Last Modified: 02 Oct 2023 03:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14400

Actions (login required)

View Item View Item