Peluang Penetapan Peraturan Tentang Isbat Talak dalam Peraturan Perundang-undangan Menurut Hakim Pengadilan Agama Padang Kelas IA

Almarbawi, Muhamad Hasbi (2022) Peluang Penetapan Peraturan Tentang Isbat Talak dalam Peraturan Perundang-undangan Menurut Hakim Pengadilan Agama Padang Kelas IA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER-DAFTAR ISI - Hasbi Almarbawi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I - Hasbi Almarbawi.pdf - Published Version

Download (745kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - Hasbi Almarbawi.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Hasbi Almarbawi.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULL HASBI - Hasbi Almarbawi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat yang masih melakukan perceraian di luar pengadilan secara semena-mena serta masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui apakah perlu perceraian yang sudah dilakukan di luar pengadilan itu diisbatkan lagi di pengadilan seperti halnya dengan isbat nikah. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah; Pertama, bagaimana respon hakim pengadilan agama Padang kelas IA tentang isbat talak. Kedua, apakah ada peluang untuk adanya peraturan tentang isbat talak menurut pendapat hakim pengadilan agama Padang kelas IA oleh pengadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang dilaksanakan di pengadilan agama Padang. Sumber data yang dijadikan key informan adalah hakim-hakim pengadilan agama Padang. Sedangkan sumber data sekunder adalah semua informasi yang berkaitan dengan pokok bahasan skripsi ini. Data-data yang terkumpul disusun, disistematisir, dan selanjutnya dianalisis. Temuan penelitian ini menunjukan; Pertama, tanggapan para hakim pengadilan agama Padang terhadap isbat talak yaitu ada yang tidak sepakat terhadap isbat talak dan ada pula yang sepakat. Kedua, tidak ada peluang terhadap Isbat talak, hal itu disebabkan karena isbat talak tidak diatur dalam Undang-undang perkawinan di Indonesia dan ada peluang terhadap Isbat talak kalau ditinjau dari berbagai sisi peraturan perundangan sangat layak untuk diterima, isbat talak bisa diterapkan apabila Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merumuskan dan merevisi Undang-undang yang telah ada. Peluang Penetapan Peraturan Tentang Isbat Talak Dalam Peraturan Perundang-Undangan Menurut Hakim Pengadilan Agama Padang Kelas IA ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengajukan permohonan perkara perceraian di pengadilan bahwa perceraian juga harus dicatatkan serta meminimalisir perceraian yang masih banyak terjadi di luar pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Ijma' dan Qiyas
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:23
Last Modified: 07 Feb 2024 08:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item