Kesadaran Hukum Masyarakat di Kenagarian Simpang Tanjung Nan IV Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok Dalam Penggunaan Jasa Pawang Hujan

Wahyu, Rezi Febri (2022) Kesadaran Hukum Masyarakat di Kenagarian Simpang Tanjung Nan IV Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok Dalam Penggunaan Jasa Pawang Hujan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Cover-Daftr isiNew - Mama Sayang.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Rezi Febri_1713030093_bab1 - Mama Sayang.pdf - Published Version

Download (985kB)
[img] Text (BAB III)
Rezi Febri_1713030093_bablll - Mama Sayang.pdf - Published Version

Download (638kB)
[img] Text (BAB V)
Rezi febri_1713030093_bab V,dftar pustaka - Mama Sayang.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Skripsi Fulltext Rezi-Mama Sayang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Penggunaan Jasa Pawang Hujan yang dilakukan di kalangan masyarakat yang menyimpang dari Syariat Islam. Kenyakinan dan kepercayaan masyarakat terhadap pawang hujan yang mampu menahan hujan atau memindahkan hujan ke tempat lain. Pelaksanaan pemakaian pawang hujan ini dilakukan ketika akan mengadakan acara-acara penting, seperti: acara pernikahan,acara adat, acara mendoa bahkan dipakai juga saat acara turnamen bola. Berdasarkan latar belakang di atas, masalah utama dalam penulisan skripsi ini adalah kenapa masyarakat masih menggunakan jasa pawang hujan, dan kesadaran hukum masyarakat di Kenagarian Simpang Tanjung Nan IV Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok dalam penggunaan jasa pawang hujan. Untuk mengumpulkan bahan dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian dilapangan (field research). Dimana teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara ke orang yang memakai jasa pawang hujan dan kepada orang yang bekerja sebagai pawang hujan. Selain itu penulis juga menggunakan buku�buku fiqih muamalah serta buku-buku dan sumber lainnya yang bersangkutan dengan penelitian. Kemudian data yang penulis peroleh selanjutnya dianalisis dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa, kenapa masyarakat masih menggunakan jasa pawang hujan ialah, Penggunaan jasa pawang hujan adalah kegiatan turun- temurun dari nenek moyang mereka yang sudah menjadi kebudayaan dan kebiasaan bagi mereka, kebudayaan dan kebiasaan mereka itulah yang susah di untuk dihilangkan. Dan kemudian kesadaran hukum masyarakat di Kenagarian Simpang Tanjung Nan IV dalam penggunaan jasa pawang hujan dinilai dari indikator-indikator kesadaran hukum, seperti pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum dan perilaku hukum dari empat indikator dapat dikatakan kesadaran hukum masyarakat dalam menggunakan jasa pawang hujan masih rendah karena ketidak tahuan mengenai hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:12
Last Modified: 07 Feb 2024 08:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14382

Actions (login required)

View Item View Item