PERAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM MENURUT PASAL 307 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH

Rizki, Algani (2023) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM MENURUT PASAL 307 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (cover)
ilovepdf_merged (1).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I gani fix.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III gani fixx.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V gani fix.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
file skripsi gani fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Kepolisian Dalam Penegakan Hukum Menurut Pasal 307 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Perspektif Siyasah Dusturiyah. Berangkat dari kondisi jalan di Nagari Koto Sawah Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat, banyak truk perkebunan kelapa sawit yang melintas di daerah ini. Kelapa sawit dibawa ke perusahaan atau ke pabrik oleh truk angkutan barang. Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan beban maksimal adalah 3.500(tiga ribu lima ratus) kilogram bagi pemilik surat izin mengemudi A umum, tetapi truk-truk di daerah tersebut memiliki kapasitas beban yang lebih, yang mengakibatkan jalan menjadi rusak. Pertanyaan penelitian 1) Efektivitas penerapan pasal 307 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tantang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan di Nagari Koto Sawah Kecamatan Lembah Melintang 2)Bagaimana Perspektif Siyasah Dusturiyah terhadap penerapan Pasal 307 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti akan mengumpulkan, mengelompokkan dan memberikan pendapat terhadap informasi yang diperoleh, serta sumber data penelitian yang terdiri atas sumber data primer (kepolisian, sopir truk, dan pemilik perusahaan di Nagari Koto Sawah Kecamatan Lembah Melintang). Bahan penelitian tersebut dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. 1)Efektifitas Undang-undang diterapkan di Nagari Koto Sawah masih belum efektif karena minimnya pengetahuan masyarakat terhadap Undang-undang, Penegakan Hukum Yang dilakukan di Nagari Koto Sawah masih kurang tegas sehingga tidak memberikan efek jera kepada para pelanggar. 2) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pasal 307 Undang undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah sejalan dan sudah memenuhi konsep Siyasah Dusturiyah. Kata kunci: Kepolisian, Penegakan Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepolisian, Penegakan Hukum.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:13
Last Modified: 27 Sep 2023 08:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14380

Actions (login required)

View Item View Item