Kesadaran Hukum Mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang Dalam Berpakaian Muslimah (Studi Analisis Pelanggaran SK Rektor UIN Imam Bonjol Padang No 2654 Tahun 2018)

Sahara, Elfi (2022) Kesadaran Hukum Mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang Dalam Berpakaian Muslimah (Studi Analisis Pelanggaran SK Rektor UIN Imam Bonjol Padang No 2654 Tahun 2018). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER MUNAQASAH - elfi sahara.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 MUNAQASAH - elfi sahara.pdf - Published Version

Download (848kB)
[img] Text (BAB III)
bab III MUNAQASAH - elfi sahara.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V ELFI MUNAQASAH - elfi sahara.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULL - elfi sahara.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini dilatarbelakangi oleh mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang yang memakai pakaian trend muslimah tidak sesuai dengan aturan kampus. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini adalah pertama, Apa faktor yang melatarbelakangi mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang berpakaian dengan gaya trend busana muslimah? Kedua, bagaimana kesadaran hukum mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang dalam berpakaian muslimah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis melakukan penelitian lapangan. Adapun informan penelitian ini adalah dua puluh delapan orang mahasiswi memakai pakaian trend muslimah yang melanggar SK rektor UIN Imam Bonjol Padang Nomor: 2654 tahun 2018. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor yang melatarbelakangi mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang berpakaian dengan gaya trend busana muslimah adalah karena mengikuti trend, keadaan ekonomi, perkembangan zaman, mahasiswi tidak mengetahui dan memahami akan adanya surat keputusan rektor UIN Imam Bonjol Padang Nomor: 2654 tahun 2018. Analisis kesadaran hukum mahasiswi Fakulats Syariah UIN Imam Bonjol Padang berpakaian dengan gaya trend busana muslimah menunjukkan tingkat kesadaran yang rendah hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang sehingga berdampak pada perilaku mahasiswi Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:40
Last Modified: 07 Feb 2024 07:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14378

Actions (login required)

View Item View Item