Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Dalam Pencegahan dan Penanganan Eksploitasi Anak Di Kota Padang

Rahmianti, Roro Inten (2023) Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Dalam Pencegahan dan Penanganan Eksploitasi Anak Di Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARI'AH.

[img] Text (Sampul, Abstrak dan Pengesahan)
Sampul, Abstrak dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf - Published Version

Download (978kB)
[img] Text (Bab 5 dan Daftar Pustaka)
Bab 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kasus eksploitasi anak untuk pemenuhan ekonomi keluarga menjadi hal yang berkembang pesat di Kota Padang, hampir disetiap persimpangan dan lampu merah terlihat anak-anak tersebut dalam mengumpulkan rupiah dengan cara mengamen, menjual tisu, mengemis dan lain-lain. Namun disini yang menjadi tujuan penelitian ini sejauh mana peran dari lembaga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dalam upaya penanganan dan pencegahan eksploitasi anak secara ekonomi di Kota Padang. Masalah utama dalam penelitian ini bagaimana implementasi program dan kebijakan DP3AP2KB dalam perlindungan anak, pengalaman dan persepsi anak terkait kondisi kerja dan pembayaran mereka dalam konteks eksploitasi ekonomi, serta persepsi masyarakat tentang efektivitas program perlindungan khusus anak. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan cara menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian. Ditinjau dari sifatnya teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif mengambarkan kenyataan yang diteliti tentang pencegahan eksploitasi anak di Kota Padang melalui Program DP3AP2KB tentang Perlindungan Anak. Lokasi penelitian dilakukan di 5 (lima) daerah Kota Padang yaitu, Jalan Gunung Pangilun, Jalan Raya Siteba, Jalan Jhoni Anwar, Pantai Purus, dan Jalan Raya Lubuk Begalung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan sebagainya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama pelaksanaan program pencegahan eksploitasi anak oleh DP3AP2KB belum berjalan secara maksimal, dikarenakan Ketidakjelasan aturan hukum dinas mana yang harus bertagungjawabnya atas kasus eksploitasi anak secara ekonomi ini menjadikan salah satu faktor belum berjalannya program perlindungan anak dalam pencegahan dan penanganan eksploitasi anak secara ekonomi. Kedua, kegiatan yang dilakukan anak-anak sudah bertentangan dengan Konvensi PBB yang mengatur tentang Hak Anak (CRC). Ketiga masyarakat yang kecewa terhadap kinerja dari DP3AP2KB terhadap pelaksanaan program perlindungan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DP3AP2KB; Eksploitasi Anak; Perlindungan Anak
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:04
Last Modified: 06 Oct 2023 04:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item View Item