Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VIII SMPN 5 Batang Hari

Adawiyah, Robiatul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VIII SMPN 5 Batang Hari. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover, pernyataan keaslian, abstrak, pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar, daftar isi)
Robiatul Adawiyah-1914090033-TIPS-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Robiatul Adawiyah-1914090033-TIPS-BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
Robiatul Adawiyah-1914090033-TIPS-BAB III.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (BAB V dan daftar pustaka)
Robiatul Adawiyah-1914090033-TIPS-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Robiatul Adawiyah-1914090033-TIPS-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar,rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 5 Batang Hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah berpengaruh model pembelajaran Guided Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 5 Batang Hari. Jenis penelitian ini ialah menggunakan metode pra eksperimen yaitu penelitian yang terdiri dari satu kelompok tunggal. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 terdiri dari 26 orang dari kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes soal (pretest dan posttest). Hasil dari (pretest dan posttest) dianalisis menggunakan microsoft office excel. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh data pretest dan postest, diperoleh thitung =11,9795; sedangkan ttabel pada taraf nyata 0.05 dan dk=25 didapat nilai ttabel=1,7081 sehingga dapat terlihat thitung> ttabel jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya ada Pengaruh dengan Menggunkan Model Pembelajaran Guided Inquiry bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII SMPN 5 Batang Hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran, Guided Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:10
Last Modified: 06 Oct 2023 04:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14363

Actions (login required)

View Item View Item