Pelaksanaan PERDA Kabupaten Pasaman Barat Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Perspektif Maqashid Syari’ah (Studi kasus PT. Anam Koto Pasaman Barat)

Asniati, Asniati (2022) Pelaksanaan PERDA Kabupaten Pasaman Barat Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Perspektif Maqashid Syari’ah (Studi kasus PT. Anam Koto Pasaman Barat). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
ASNIATI_1713040163_COVER DLL - Nia Asniati.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ASNIATI_1713040163_ABSTRAK-1 - Nia Asniati.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (BAB I)
ASNIATI_1713040163_BAB 1 - Nia Asniati.pdf - Published Version

Download (771kB)
[img] Text (BAB III)
ASNIATI_1713040163_BAB 3 - Nia Asniati.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
ASNIATI_1713040163_BAB V - Nia Asniati.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
ASNIATI_1713040163_FULL TEXT - Nia Asniati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh dikeluarkannya PERDA Kabupaten Pasaman Barat Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. PERDA tersebut mengatur tentang pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan perusahaan yang ada di Pasaman Barat. PT. Anam koto merupakan salah satu perusahaan di Pasaman Barat yang bergerak di bidang perkebunan sawit. PT. Anam Koto juga memiliki kewajiban dalam pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yang ada di Pasaman Barat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan PERDA Kabupaten Pasaman Barat Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Perspektif Maqashid Syari’ah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini, yaitu : 1) Apa program yang dilakukan oleh PT. Anam Koto dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan sesuai dengan PERDA Kabupaten Pasaman Barat Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan? 2) Apa hambatan yang ditemui oleh PT. Anam Koto dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial sesuai dengan PERDA Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan? 3) Bagaimana tanggung jawab sosial perspektif maqashid syari’ah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan penelitian lapangan (field reseach). Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis data melalui interpretasi kualitatif, diolah dan dianalisis melalui proses,yaitu dengan memeriksa kejelasan dan relevansi keragaman satuan data. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1)Pelaksanaan PERDA Kabupaten Pasaman Barat Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di PT. Anam koto sudah dilaksanakan, namun belum semua program yang diatur di dalam PERDA terlaksana 2)Hambatan dalam pelaksanaan PERDA Kabupaten Pasaman Barat Nomor 3 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan disebabkan oleh beberapa faktor pertama, belum ada pengawasan langsung dari pemerintah daerah; kedua, Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan belum dijalankan;ketiga, pemahaman kepada masyarakat tentang pemberian program tanggung jawab sosial yang belum direalisasikan 3) Tanggung jawab sosial ini bisa dikatakan sudah memenuhi unsur maqashid syari’ah tentang memelihara agama, memelihara jiwa, dan memelihara harta benda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:34
Last Modified: 07 Feb 2024 06:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item View Item