Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung

Zaky, Muhammad (2023) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Muhammad Zaky, NIM 1914010019, Cover, dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Muhammad Zaky, NIM. 1914010019, BAB 1.pdf - Published Version

Download (885kB)
[img] Text (BAB III)
Muhammad Zaky, NIM 1914010019, BAB III.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Muhammad Zaky, NIM 1914010019, BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Muhammad Zaky, NIM 1914010019, Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih ditemukan peserta didik yang belum memahami kecerdasan intrapersonal terutama terhadap dirinya sendiri, peserta didik kurang konsentrasi dalam pembelajaran akidah akhlak, peserta didik yang memiliki rasa kurang percaya diri, dan peserta didik yang masih rendah hasil belajar akidah akhlaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekaatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengambilan total sampling berjumlah 74 peserta didik. Hasil penelitian, setelah melakukan pengolahan data, maka didapatkan pengaruh antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung dengan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana, diperolah nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Karena nilai sig < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terbukti terdapat pengaruh antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung. Besarnya pengaruh variabel bebas (kecerdasan intrapersonal terhadap variabel terikat (hasil belajar akidah akhlak) dilihat R Square yaitu sebesar 28% yang berarti pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Jadi, dapat disimpulkan yaitu terbukti kecerdasan intrapersonal memberikan pengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, kecerdasan intrapersonal, hasil belajar
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:51
Last Modified: 06 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14345

Actions (login required)

View Item View Item