Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Pembinaan Kinerja Tenaga Kependidikan di MAN 3 Kota Padang

Rahmayuni, Ririn (2023) Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Pembinaan Kinerja Tenaga Kependidikan di MAN 3 Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui teknik supervisi manajerial yang digunakan kepala sekolah dalam pembinaan kinerja tenaga kependidikan, untuk mengetahui metode digunakan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial dalam pembinaan kinerja tenaga kependidikan, dan untuk mengetahui tahapan pelaksanaan supervisi manajerial dalam pembinaan kinerja tenaga kependidikan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara,dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini kepala sekolah, waka, kepala kaur tata usaha, staf tata usaha, dan guru. Hasil Penelitian: (1) Teknik supervisi manajerial yang digunakan kepala sekolah dalam pembinaan kinerja tenaga kependidikann di MAN 3 Kota Padang menggunakan 2 teknik yaitu teknik perseorangan dengan adanya bimbingan secara langsung kepada tenaga kependidikan terkait dengan pelaksanaan tugas tenaga kependidikan, dan teknik kelompok dilakukan dengan diskusi kelompok, mengadakan penataran, dan mengadakan seminar atau workshop. (2) Metode yang digunakan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial dalam pembinaan kinerja tenaga kependidikan di MAN 3 Kota Padang yaitu monitoring dan evaluasi. Pertama, mengetahui perkembangan penyelenggaraan sekolah (rencana perkembangan, proram, atau standar yang ditetapkan). Kedua, menetapkan standard dan mengukur prestasi.Ketiga, keberhasilan pelaksanaan program, memberi masukan dan rencana tindak lanjut. (3) Tahapan pelaksanaan supervisi manajerial dalam pembinaan kinerja tenaga kependidikan di Man 3 Kota Padang dilakukan dengan 3 tahapan proses yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama, perencanaan dilakukan dengan mengumpulkan data melalui pertemuan rapat staf, mengolah data dengan melakukan koreksi kebenaran terhadap data yang dikumpulkan, dan Mengklasifikasikan data sesuai bidang permasalahan. Kedua, pelaksanaan dilakukan dengan memberikan bimbingan pelaksanaan tugas dari supervisor kepada tenaga kependidikan dan mengadakan training untuk melihat keberhasilan pelaksanaan supervisi. Ketiga, Evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah dijadikan sebagai acuan dalam menyusun program supervisi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Manajerial, kinerja tenaga kependidikan
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:29
Last Modified: 06 Oct 2023 04:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item