Prilaku Masyarakat Terhadap Utang Piutang Emas (Studi Kasus di Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar)

Dori, Aprila (2022) Prilaku Masyarakat Terhadap Utang Piutang Emas (Studi Kasus di Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Aprila Dori_1613030050_Cover dll - Aprila Dori.pdf - Published Version

Download (743kB)
[img] Text (Bab I)
Aprila Dori_1613030050_Bab I - Aprila Dori.pdf - Published Version

Download (715kB)
[img] Text (Bab III)
Aprila Dori_1613030050_Bab III - Aprila Dori.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Bab V)
Aprila Dori_1613030050_Bab V-Daftar Pustka - Aprila Dori.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Full Text)
Aprila Dori_1613030050_Fulltext - Aprila Dori.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh utang piutang emas yang terjadidi Nagari Balimbing dan utang piutang tersebut terdapat kelebihan yang di syaratkan diawal akad. Pertanyaan dari penelitian ini adalah: 1). Apa faktoryang mempengaruhi prilaku masyarakat melakukan utang piutang emas diNagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar 2).Bagaimana respon dan upaya yang dilakukan Tokoh Agama dan Tokoh Adatterhadap prilaku utang piutang emas di Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar? Untuk menjawab rumusan masalahtersebut dilakukan penelitian lapangan yakni teknik pengumpulan data yangdigunakan ialah melakukan observasi terhadap utang piutang emas dan wawancara dengan informan penelitian dari pihak pemberi utang (Muqrid),penerima utang (Muqtarid), Tokoh Agama dan Tokoh Adat di NagariBalimbing. Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposivesampling adalah teknik pemilihan sampel sumber data dengan pertimbangandan persyaratan tertentu. Teknik analisis data dengan teori perilaku hukumdalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif yang dilakukan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan metode berfikir rasional(masuk akal), kritik, analitik. Temuan dari penelitian ini adalah 1) faktoryang membuat masyarakat Nagari Balimbing melakukan praktik utangpiutang emas yang mengandung riba yaitu: pertama, faktor internal yaknimasyarakat berhutang untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder.Utang piutang tersebut dilakukan masyarakat karena rendahnya pendidikan agama masyarakat di Nagari Balimbing. Kedua, faktor eksternal yakni kebiasaan masyarakat yang secara turun temurun dan telah menjadi tradisi,sehingga membuat orang-orang kurang mampu di Nagari Balimbing tersebutmelakukan hutang piutang tanpa mengetahui bahayanya. Adapun utangpiutang emas di Nagari Balimbing tersebut tidak sesuai dengan syariat Islamdan rendahnya kesadaran hukum masyarakat dapat dilihat dari indikator perilaku hukum. 2) Respon tokoh agama dan tokoh adat terhadap utang piutang yang terjadi di Nagari Balimbing mereka menolak perbuatan tersebut dan usaha yang di lakukan oleh tokoh agama dan tokoh masyrakatyakni melakukan sosialisasi dan ceramah-ceramah tentang bahayanya riba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:44
Last Modified: 07 Feb 2024 06:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14302

Actions (login required)

View Item View Item