Resepsi Fungsional Santri Asrama Takhassus Ashhabul Qur’an Nurul Ilmi terhadap Alqur’an

Jannah, Huria Lu'luul (2023) Resepsi Fungsional Santri Asrama Takhassus Ashhabul Qur’an Nurul Ilmi terhadap Alqur’an. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pernyataan Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Pedoman Transliterasi, Abstrak, Kata Pengantar dan Daftar Isi _ 1915020084)
Cover, Pernyataan Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Pedoman Transliterasi, Abstrak, Kata Pengantar dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (899kB)
[img] Text (BAB I _ 1915020084)
BAB I.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (BAB III _ 1915020084)
BAB III.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text (BAB V _ 1915020084)
BAB V.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Huria Lu'luul Jannah _ 1915020084 _ FullText.pdf)
Huria Lu'luul Jannah _ 1915020084 _ FullText.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengamalan pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan. Dalam hal ini adalah Asrama Takhassus Ashhabul Qur’an Nurul Ilmi. Bagi seluruh santri Asrama Takhassus Ashhabul Qur’an Nurul Ilmi diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pembacaan surat-surat pilihan yang dilaksanakan setiap rutin hari pada waktu setelah shalat dhuha, shalat Ashar dan shalat Isya atau sebelum melakukan aktivitas tidur. Adapun surat-surat pilihan yang dimaksud adalah surat ar-Rahman surat al-Waqi‘ah, dan surat al-Mulk. Penelitian ini pembahsannya lebih difokuskan pada bagaimana prosesi pengamalan pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan di Asrama Takhassus Ashhabul Qur’an Nurul Ilmi dan apa makna pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan tersebut bagi para pelaku tindakan. Dalam hal ini, sebagai para pelaku tindakan tersebut adalah para santri Asrama Takhassus Ashhabul Qur’an Nurul Ilmi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu menggunakan analisis eksplanasi, agar memudahkan penulis dalam memaparkan isi pembahasan. Hasil dari penelitian yaitu santri meresepsi al-Quran sebagai fungsional menjadi beberapa aspek pertama, sebagai bacaan setiap habis shalat dhuha, shalat ashar dan sebelum aktivitas tidur. Kedua makna dari praktik pengamalan pembacaan surat-surat pilihan yaitu surat ar-Rahman, surat al-Waqia’ah dan surat al-Mulk diyakini dengan barokah dari surat-surat tersebut, seperti surat ar-Rahman diyakini untuk penambah semangat, surat al-Waqi’ah diyakini untuk mempelancar rezeki dan surat al-Mulk di yakini penghalang dari azab kubur. Resepsi yang ada di Asrama Takhassus Ashhabul Qur’an Nurul Ilmi termasuk model resepsi fungsional sebab al-Qur’an diterima dan direspon dengan membaca dan mengfungsikan al-Qur’an yaitu surat ar-Rahman, surat al-Waqi’ah dan surat al-Mulk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: -Quran, Resepsi, Santri.
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:34
Last Modified: 12 Oct 2023 02:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14297

Actions (login required)

View Item View Item