Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model Tipr Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis Dengan Model Konvensional Kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko Tahun Ajaran 2022/2023

Ulandari, Septi (2023) Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model Tipr Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis Dengan Model Konvensional Kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SEPTI ULANDARI 1914090004.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SEPTI ULANDARI 1914090004.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAFTAR PUSTAKA SEPTI ULANDARI 1914090004.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext septi ulandari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar, serta kurang aktifnya peserta didik terhadap proses pembelajaran dalam mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Model Tipe Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis Dengan Model Konvensional Kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko terdiri dari 30 orang dari kelas kontrol dan 30 orang dari kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes soal (pretest dan posttest). Hasil dari (pretest dan posttest) dianalisis mengunakan SPSS 25. Dari hasil penelitian diperoleh data pretest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 58,33 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentase 23,3%, sedangkan nilai dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 57,83 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentasenya 26,6%. Dan data posttest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 83,55% dengan nilai tertinggi 100 tingkat persentase 53,3%, sedangkan nilai postest dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 74,16% dengan nilai tertinggi 95 tingkat persentasenya 30%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dengan Menggunakan Model Tipe Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko. Kata kunci : Model Pembelajaran, Jigsaw,Media Grafis, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Jigsaw, Media Grafis, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:52
Last Modified: 05 Oct 2023 01:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item View Item