Pengaruh Strategi Spotlight Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Guna, Aryogo Adi (2023) Pengaruh Strategi Spotlight Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

This is the latest version of this item.

[img] Text (File Cover, Abstrak, dan Pengesahan)
File Cover, Abstrak, dan Pengesahan (1).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
File BAB I.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text (BAB III)
File BAB III.pdf - Published Version

Download (965kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
File BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (File Full Text)
File Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi oleh realita yang terjadi pada proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dimana proses pembelajaran masih berpusat pada guru dengan ceramah dan juga diskusi. Selain itu juga terdapat peserta didik yang tidak serius mengikuti pembelajaran. Tidak efektifnya proses belajar mengajar tersebut bermuara kepada rendahnya hasil belajar peserta didik. Diantara cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menerapkan Strategi Spotlight. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan strategi Spotlight pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi Spotlight pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Spotlight terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi a experimental research) dengan rancangan nonquivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam tahun ajaran 2022-2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yang dilakukan dengan cara sample random sampling, yaitu penentuan sampel dengan cara acak sederhana. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai Pre-test kelas eksperimen adalah 69,37 dan hasil post-test adalah 84,17, sedangkan rata-rata nilai pre-test pada kelas kontrol adalah 69,58 dan hasil post-test adalah 75,83. Setelah dilakukan uji hipotesis atau uji t menggunakan program SPSS 21 diperoleh signifikan α dalam 2 sisi (tailed-2) = 0,009. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (0,009 < 0,05), H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan strategi Spotlight, dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Spotlight, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 05:30
Last Modified: 06 Oct 2023 05:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14273

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item