Kesadaran Hukum Masyarakat Tentang Nafkah Iddah Pasca Talak di Luar Pengadilan (Studi Kasus di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar

Nur, Anisah (2022) Kesadaran Hukum Masyarakat Tentang Nafkah Iddah Pasca Talak di Luar Pengadilan (Studi Kasus di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
ANNISAH NUR_1713010023_COVER-DAFTAR ISI - Tarmizi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
ANNISAH NUR_1713010023_BAB I - Tarmizi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
ANNISAH NUR_1713010023_BAB III - Tarmizi.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text (Bab V)
ANNISAH NUR_1713010023_BAB V - Tarmizi.pdf - Published Version

Download (576kB)
[img] Text (Full Text)
ANNISAH NUR_1713010023_FULL TEKS - Tarmizi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini dilatar belakangi karena tidak terlaksananya pembayaran nafkah iddah pasca talak di luar pengadila di Nagari TabekPatah, Kec. Salimpaung, Kab. Tanah Datar. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana kesadaran hukum masyarakat tentang pembayaran nafkah pasca talah di luar pengadilan? Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: pertama, Apa faktor yangmenyebabkan tidak diberikannya nafkah iddah di Nagari Tabek Patahpasca talak di luar pengadilan? Kedua, bagaimana kesadaran hukum masyarakat terhadap nafkah iddah di Nagari Tabek Patah pasca talak diluar pengadilan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dilakukanpenelitian lapangan dengan melakukan wawancara kepada pelaku, tokohmasyarakat, perangkat Nagari dan penyuluh Agama KUA Kecamatan Salimpaung sebagai informan penelitian dan kemudian membandingkandata yang ditemukan di lapangan serta merujuk buku-buku yangdijadikan referensi sebagai landasan teori. Teknik pengumpulan dataadalah dengan mewawancarai langsung pelaku, tokoh masyarakat,Perangkat Nagari dan penyuluh Agama KUA Kecamatan Salimpaung.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif denganpendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan,dapat disimpulkan bahwa pertama, faktor yang menyebabkan tidakdiberikannya nafkah iddah di Nagari Tabek Patah diantaranya karenafaktor ketidaktahuan, ketidakpedulian para pelaku dan faktor ekonomi.Kedua, kesadaran hukum masyarakat terhadap nafkah iddah pasca talakdi luar pengadilan di Nagari Tabek Patah adalah karena di Tabek Patahpara pelaku sangat minim pengetahuan hukum, pemahaman hukumtentang hukum nafkah iddah. Sehingga, kebanyakan masyarakat NagariTabek Patah tidak harus memberikan nafkah iddah dan merekaberanggapan kalau sudah terjadi perceraian, maka hubungan antarasuami istri tidak ada lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Hukum
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:33
Last Modified: 07 Feb 2024 04:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14266

Actions (login required)

View Item View Item