TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN ALEK SAAT WALIMAH AL-‘URS DI DESA SUNGAI HANGAT KECAMATAN GUNUNG RAYA KABUPATEN KERINCI

Putra, Bintang Eka (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN ALEK SAAT WALIMAH AL-‘URS DI DESA SUNGAI HANGAT KECAMATAN GUNUNG RAYA KABUPATEN KERINCI. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER DLL)
BINTANG EKA PUTRA-1913040045-HES-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (BAB I)
BINTANG EKA PUTRA-1913040045-HES-BAB I.pdf - Published Version

Download (703kB)
[img] Text (BAB III)
BINTANG EKA PUTRA-1913040045-HES-BAB III.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BINTANG EKA PUTRA-1913040045-HES-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (FULL TEXT)
BINTANG EKA PUTRA-1913040045-HES-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

. Peneltian ini di latar belakangi oleh fenomena arisan alek di desa sungai hangat yang bertujuan untuk meringankan beban dalam pelaksanaan walimah al-urs. Dalam pelaksanaan beberapa anggota tidak melaksanakan sesuai dengan kesepakatan awal, arisan alek ini di tinjau dari sisi hukum Islam dari arisan alek ini, seperti pemahaman mengenai riba, pengelolaan dana, tanggung jawab dalam keuangan kelompok, dan sebagainya. Berdasarkan latar belakang ini, maka penulis mengemukakan beberapa pertanyaan penelitian yaitu ada dua, yakni: pertama, bagaimana proses pelaksanaan arisan alek saat walimah al-‘urs di Desa Sungai Hangat Kec. Gunung Raya Kab. Kerinci. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksaan arisan alek saat walimah al-‘urs di Desa Sungai Hangat Kec. Gunung Raya Kab. Kerinci. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari informan (seperangkat peserta arisan alek) dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, skripsi, tesis dan peraturan Perundang-undangan yang terkait. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan penyajian data dalam bentuk reduction, display, dan verification. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, proses pelaksanaan arisan alek di Desa Sungai Hangat Kec. Gunung Raya Kab. Kerinci sudah berjalan sesuai dengan sistem arisan pada umumnya tetapi arisan alek tidak memakai metode pengundian melainkan metode sesuai kreteria. Kedua, tinjauan hukum Islam terhadap pelaksaan arisan alek saat walimah al-‘urs di Desa Sungai Hangat Kec. Gunung Raya Kab. sudah memenuhi ketentuan yang diatur dalam fikih muamalah, bahkan anggota merasa tertolong dengan adanya qard dalam bentuk arisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Walimah, arisan alek, hukum islam
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:59
Last Modified: 06 Oct 2023 03:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item