Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS MAN 1 Pasaman Barat

Nada, Fidya (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS MAN 1 Pasaman Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar, daftar isi)
Fidya Nada. NIM 1914090037. cover dll.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (BAB I)
Fidya Nada. NIM 1914090037. bab I.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (BAB III)
Fidya Nada. NIM 1914090037. bab III.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (BAB V)
Fidya Nada. NIM 1914090037. bab V dan daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Fidya Nada. NIM 1914090037. full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Pasaman Barat dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik saat ini kurang divariasikan sehingga peserta didik mengalami kejenuhan pada saat belajar. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan motivasi belajar peserta didik, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Model pembelajaran ini lebih efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dan desain Static gruop Comparison dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Pasaman Barat. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh (total sampling) sehingga jumlah sampelnya adalah 60 orang peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran talking stick terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Pasaman Barat. Hal ini dilihat dari perolehan rata-rata hasil post angket di kelas eksperimen adalah 135, 00 sedangkan rata-rata hasil post angket di kelas kontrol adalah 99,80. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 1 Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Talking Stick, Motivasi Belajar, Sejarah
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Oct 2023 00:50
Last Modified: 05 Oct 2023 00:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item