Hidayah, Nur (2023) Pelaksanaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (Nur Hidayah 191409001 skripsi fulltext)
Nur Hidayah 1914090105 fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (Cover, pengesahan, persetujuan pem,kata pengantar, daftar isi, Nur Hidayah 1914090105,)
cover, pengesahan, persetujuan pembimbing,kata pengantar, daftar isi.pdf - Published Version Download (396kB) |
|
Text (BAB I Nur Hidayah 1914090105)
BAB I.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (BAB II, Nur Hidayah 1914090105)
BAB III.pdf - Published Version Download (146kB) |
|
Text (BAB V, Nur Hidayah 1914090105)
BAB 5 dan daftar pustaka.pdf - Published Version Download (300kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah pada saat pelaksanaan model problem based learning, guru belum melaksanakan langkah-langkah model problem based learning ini yang sesuai dengan modul ajar yang telah dibuat, pada bagian langkah-langkah model problem based learning guru tidak menjelaskan permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa, serta guru tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai. Sehingga peserta didik kurang memahami dan tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut. Guru juga belum bisa mengatur waktu sesuai dengan modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana modul ajar, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan model problem based learning pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan dekskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu peserta didik, guru mata pelajaran IPS dan wakil kurikulum SMP Negeri 5 Padang, dan data sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama perencanaan pembelajaran, modul ajar terdiri dari kegiatan pendahuluan, di dalam kegiatan pendahuluan guru menjelaskan tentang sistem pembelajaran menggunakan model problem based learning, kegiatan inti, dalam kegiatan inti terdapat langkah-langkah pelaksanaan model problem based learning, 1) mengorentasikan kepada masalah, 2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, 3) membimbing kegiatan individu atau kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) menganalisis dan memecahkan masalah. Kegiatan penutup, di dalam kegiatan penutup guru menjelaskan materi kepada peserta didik, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, guru melakukan penilaian secara tertulis, guru dan peserta didik berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran. Kedua, pelaksanaan model problem based learning pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Padang telah dilaksanakan, akan tetapi belum terlaksana dengan baik, karena peserta didik yang kurang aktif dan ditahap mengumpulkan informasi peserta didik untuk belajar banyak menghabiskan waktu sehingga tidak sesuai dengan modul ajar yang dibuat. Ketiga, pelaksanaan evaluasi model problem based learning dilaksanakan dengan cara melakukan penilaian pada tiga aspek yaitu: aspek keterampilan pengetahuan, aspek penilaian profil pelajar pancasila, dan aspek keterampilan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pembelajaran IPS, Evaluasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Pembelajaran IPS, Evaluasi. |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 02:41 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 02:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14252 |
Actions (login required)
View Item |