Manajemen Pelatihan Instruktur pada BPL HmI Cabang Padang 2022-2023

Rahmadanil, Fadil (2023) Manajemen Pelatihan Instruktur pada BPL HmI Cabang Padang 2022-2023. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (cover)
Fadil Rahmadanil-1912030065-MD-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Bab I)
Fadil Rahmadanil-1912030065-MD-BAB I.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (BAB III)
Fadil Rahmadanil-1912030065-MD-BAB III.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (BAB V)
Fadil Rahmadanil-1912030065-MD-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Full Text)
Fadil Rahmadanil-1912030065-MD-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini disusun oleh: Fadil Rahmadanil, NIM. 1912030065 dengan judul “Manajemen Pelatihan Instruktur Pada BPL HMI Cabang Padang Tahun 2022-2023”, Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2023. 129 halaman. Penelitian ini dilatabelakangi oleh pemahaman bahwa pelatihan adalah elemen kunci dalam menghasilkan Instruktur yang berkualitas di suatu lembaga. Namun, dalam konteks BPL HMI Cabang Padang, masih terdapat kendala dalam manajemen pelatihan yang belum efektif, yang berdampak negatif pada kualitas Training of Trainer yang tidak optimal dalam implementasinya di dunia nyata. Oleh karena itu, penelitian ini mempertimbangkan perlunya pendekatan pelatihan yang konsisten dan berkelanjutan untuk menghasilkan tenaga pengajar yang profesional sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen pelatihan yang dilihat dari segi fungsi penggerakan dan pengawasan materi, metode dan media pelatihan Instruktur pada BPL HMI Cabang Padang. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan meng umpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi di lapangan. Sumber data primer diperoleh langsung dari wawancara dengan ketua dan kabid Pembinaan Instruktur dan Kurikulum sedangkan data sekundernya dari jurnal dan website. Hasil temuan dari penelitian ini, menunjukkan bahwa penggerakan dan pengawasan dalam pelatihan instruktur di BPL HMI Cabang Padang memiliki beberapa tantangan yang perlu diatasi. Dalam penggerakan materi pelatihan, meskipun telah dilakukan analisis mendalam dan kolaborasi dengan pengurus lembaga, kurangnya pemanfaatan teknologi informasi digital untuk memahami kebutuhan peserta secara mendalam masih menjadi kendala utama. Hal ini menyebabkan topik-topik pelatihan yang ada belum cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan instruktur, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi eksistensi organisasi. Selanjutnya, pengawasan terhadap materi pelatihan perlu ditingkatkan agar sesuai dengan standar harapan pelatihan dan relevan dengan perkembangan zaman. Di sisi lain, dalam penggerakan metode pelatihan, telah digunakan beragam metode seperti kuliah interaktif, diskusi kelompok, dan lainnya. Namun, belum ada pemanfaatan teknologi virtual reality atau pembelajaran online interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan efisiensi pembelajaran. Hal ini mengindikasikan potensi untuk meningkatkan efektivitas pelatihan dengan memanfaatkan teknologi modern. Terakhir, dalam penggerakan media pelatihan, meskipun ada perkembangan dinamis seperti adaptasi media e-learning berbasis virtual, pelatih (MoT) seringkali kurang ter-update dengan perkembangan media terkini. Hal ini dapat mengakibatkan hasil yang tidak sesuai harapan, terutama dalam menghadapi tantangan teknologi, kebutuhan peserta yang beragam, evaluasi yang tidak optimal, dan kurangnya dukungan serta pelatihan untuk Instruktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelatihan Instruktur BPL HMI Cabang Padang
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:48
Last Modified: 02 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item