PELAKSANAAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 109 TAHUN 2012 TENTANG LARANGAN PEDAGANG MENJUAL ROKOK TERHADAP ANAK-ANAK YANG DIBAWAH UMUR DI KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG

Yani, Melda (2023) PELAKSANAAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 109 TAHUN 2012 TENTANG LARANGAN PEDAGANG MENJUAL ROKOK TERHADAP ANAK-ANAK YANG DIBAWAH UMUR DI KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Abstrak)
Cover, pengesahan, abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB( I).pdf

Download (688kB)
[img] Text (bab lll)
BAB III (2).pdf

Download (831kB)
[img] Text (bab v)
BAB 5.pdf

Download (617kB)
[img] Text (Full Text)
skripsi full text.pdf

Download (20MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 Tentang Larangan Pedagang Menjual Rokok Terhadap Anak-Anak Di Bawah Umur Di Kecamatan Padang Barat Kota Padang disusun oleh Melda Yani/1913030009, Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya pedagang yang menjual rokok kepada anak-anak yang dibawah umur di Kecamatan Padang Barat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang larangan pedagang menjual rokok terhadap anak-anak yang di bawah umur di Kecamatan Padang Barat dan untuk menganalisis apa saja faktor penghambat pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang larangan pedagang menjual rokok terhadap anak-anak yang di bawah umur di Kecamatan Padang Barat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh langsung oleh penulis dari lapangan yaitu dari observasi dan wawancara. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku, jurnal, dan web terkait menggunakan teknis dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: bahwa pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 mengenai larangan menjual rokok terhadap anak di bawah umur tidak berjalan secara maksimal. Segala pihak termasuk Polsek Padang Barat, Satpol PP, Kecamatan, kelurahan, RW/RT, Puskesmas dan Kepala Sekolah telah berupaya untuk memberikan imbauan,slogan dan penyuluhan kepada masyarakat. Namun semua sosialisasi terkait aturan tersebut itu masih minim.Buktinya masih ada masyarakat yang belum mengetahui Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 ini.Ketidaktahuan menyebabkan masih banyak pedagang masih menjual rokok terhadap anak-anak di bawah umur terutama anak-anak yang sekolah.Faktor yang menjadi penghambat peraturan pemerintah ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya sumber daya manusia, sumber dana anggaran pendukung, program pemerintah yang tidak fokus,kurangnya penegakan hukum, pengawasan dan sanksi serta kurangnya kerjasama antara pemerintah dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Pemerintah, Rokok.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:02
Last Modified: 29 Sep 2023 03:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item View Item