Analisis Perbandingan Pendapatan Usaha Tani Nilam Bermitra Dengan Yang Tidak Bermitra (Studi Kasus: Nagari Ganting Mudik Utara Surantih, Kec.Sutera, Kab.Pesisir Selatan)

Yenti Putri, Tika (2023) Analisis Perbandingan Pendapatan Usaha Tani Nilam Bermitra Dengan Yang Tidak Bermitra (Studi Kasus: Nagari Ganting Mudik Utara Surantih, Kec.Sutera, Kab.Pesisir Selatan). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, keorisinilan, abstrak, daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar)
cover rill.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (bab iii)
bab iii.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab 5 & daftar pustaka)
bab 5 & dftr pustaka.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (skripsi full text)
skripsi watermak_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kemitraan antara petani nilam terhadap masyarakat dan perbandingan pendapatan petani nilam yang bermitra dan yang tidak bermitra. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu semua anggota populasi diambil sebagai anggota sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis pendapatan, analisis R/C dan B/C dan analisis regresi linear berganda. Dari hasi penelitian menyatakan bahwa kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan, yang mana total penerimaan petani nilam yang bermitra adalah Rp.21.000.000/panen. Dan rata penerimaan yang diterima o;eh petani nilam yang tidak bermitra adalah Rp.15.002.000/liter, dengan nilai R/C petani yang bermitra sebesar 2,496 > 1, dan nilai R/C petani yang tidak bermitra sebesar 1,515 > 1. dengan nilai B/C petani yang tidak bermitra sebesar 1,853 > 1, dan nilai B/C petani yang tidak bermitra sebesar 0,515 < 1. dan dapat diartikan bahwa pendapatan petani nilam yang bermitra lebih besar dibanding pendapatan petani yang tidak bermitra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran kemitraan, pendapatan usaha tani, petani nilam
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:31
Last Modified: 27 Sep 2023 06:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item