Praktik Suntik Putih Kulit pada Klinik Kecantikan Ditinjau dari Konsep Maslahah (Studi Klinik Kecantikan di Kota Padang)

Islamiati, Annis (2022) Praktik Suntik Putih Kulit pada Klinik Kecantikan Ditinjau dari Konsep Maslahah (Studi Klinik Kecantikan di Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Annis Islamiati_1713030056_Cover,dll - Annis Islamiati.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB I)
Annis Islamiati_1713030056_BAB I - Annis Islamiati.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB III)
Annis Islamiati_1713030056_BAB III - Annis Islamiati.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB V)
Annis Islamiati_17113030056_BAB V-Daftar Pustaka - Annis Islamiati.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Fulltext)
ANNIS ISLAMIATI_11713030056_Fulltext - Annis Islamiati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian inidilatarbelakangi oleh adanya praktik suntik putih kulit yang marak terjadi dikalangan masyarakat. Dikarenakan semakin berkembangnya ilmupengetahuan dan semakin banyaknya penemuan oleh manusia. Termasuksalah satunya suntik putih untuk kulit. Faktor utamanya yaitu tingginyaminat masyarakat terlebih perempuan untuk selalu tampil cantik danberbeda dari sebelumnya. Selain itu, masih banyak masyarakat beranggapanbahwa kulit yang cantik adalah kulit yang putih, sehingga menjadi alasanutama masyarakat terutama kaum wanita untuk melakukan praktik suntikputih kulit. Berdasarkan latar belakang di atas, masalah dalam penulisanskripsi ini yaitu:1. Apakah alasan yang melatarbelakangi pelanggan menjalanitreatment sunti putih kulit. 2. Bagaimana praktik suntik putih kulit padaklinik kecantikan. 3. Bagaimana praktik suntik putih kulit di klinik kecantikanditinjau dari konsep maslahah. Untuk mengumpulkan bahan dalampenyusunan skripsi, penulis melakukan penelitian di lapangan (fieldresearch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancarakepada pihak pemilik klinik dan juga pelanggan klinik kecantikan yangmenjalani treatmen suntik putih kulit. Penulis juga menggunakan buku-bukufikih muamalah serta buku-buku dan sumber lainnya yang berkaitan denganpenelitian. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkanbahwa:1. Alasan pelanggan menggunakan suntik putih yaitu tuntutanpekerjaan yang mengutamakan penampilan menarik dan memenuhikeinginan diri sendiri. 2. Praktik suntik putih kulit pada klinik kecantikan menggunakan dua cara, yaitu dengan menyuntikan secara langsung menggunakan jarum suntik ke dalam pembuluh darah dan menggunakan alatinfus untuk memasukan cairan ke dalam kulit. 3. Praktik suntik putih kulitditinjau dari konsep maslahah pada prinsipnya tidak boleh dilakukan karenalebih banyak mendatangkan mudharat dari pada manfaat untukpenggunanya. Tapi apabila tujuannya untuk pengobatan maka bolehmelakukan suntik putih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:53
Last Modified: 07 Feb 2024 02:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item