FUNGSI MANAJAMEN DAKWAH PELATIHAN KETAATAN SHALAT DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PASAR AMBACANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG.

Azroby, Fadli (2023) FUNGSI MANAJAMEN DAKWAH PELATIHAN KETAATAN SHALAT DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PASAR AMBACANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER)
fadli azroby cover.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I ROBYY .pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (Bab III)
BAB lll Fadli Azroby 1912030025 MD.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Bab V dan Kepustakaan)
BAB V ROBYY(1)_merged.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (FULLTEXT)
fadli azroby fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu ketaatan ibadah seperti shalat yang ada di panti asuhan Muhammadiyah Padang. Penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajeman dakwah yang ada di panti asuhan Muhammadiayah Padang. Apakah ada pengaruh bagi anak-anak panti dalam ketaatan beribadah. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengasuh dalam melatih ketaatan shalat yang ada di Panti Asuhan Muhammadiyah kota padang. Maka penulis lebih menfokuskan penelitian ini dengan judul Fungsi Manajemen Dakwah Pengasuh Dalam Melatih Ketaatan Shalat Anak Asuh Di Panti Asuhan Muhammadiyah Padang Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskripif. Sumber data primer yaitu ketua, pengurus dan pengasuh dan data sekunder yaitu dokumentasi atau arsip. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa (1) fungsi perencanaan pengasuh dalam melatih ketaatan shalat dengan melakukan peramalan, penjadwalan, menyusun tata waktu, penetapan tujuan, menetapkan penafsiran, kebijaksanaan dan mengembangkan prosedur namun pada pelaksanaanya masih terdapat indikator yang masih kurang berjalan dengan baik seperti penganggaran dan pemrograman dikarenakan untuk penganggaran panti tidak ada, hanya dari kepengurusan langsung merangkap bapak asuh untuk pembimbing anak panti dan tidak ada mendatangkan guru dari luar, untuk pemgrograman panti tidak terstruktur yang ada secara continue dilakukan terus menurs pengasuh dalam melatih ketaatan shalat anak asuh (2)fungsi pengorganisasian pengasuh dalam melatih ketaatan shalat dengan melakukan manajer harus mengetahui tujuan organisasi yang ingin dicapai, penentuan kegiatan-kegiatan, pendelegasian wewenang, rentang kendali, peranan perorangan, tipe organisasi dan struktur organisasi. Namun masih ada indikator yang masih belum terpenuhi yaitu indikator pengelompokan kegiatankegiatan, karena kepengurusan panti berganti ganti dalam melaksanakan tugas atau kegiatan-kegiatan dan tidak adanya pengelompokan kegiatan yang ada di panti (3) Fungsi penggerakan pengasuh dalam melatih ketaatan shalat dengan pemberian motivasi, pemberian bimbingan kepada anak-anak asuh, dalam melatih ketaatan shalat, adapun penyelengara komunikasi yaitu komunikasi yang dilakukan secara langsung dengan anak asuk dan juga meningkatkan pengembangan akhlak anak asuh (4) fungsi pengawasan pengasuh dalam melatih ketaatan shalat, dengan menentukan standar-standar yang akan digunakan dasar pengawasan dengan diberikan nasehat, arahan dan mengikuti peraturan yang ada di panti, mengukur pelaksanaan atau hasil kerja menentukan penyimpangan dengan mengukur sikap dan karakter anak asuh dan melakukan perbaikan jika terdapat penyimpangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shalat, pelatihan, Pasar Ambacang
Subjects: Agama Islam > Akidah & Ilmu Kalam
U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:38
Last Modified: 04 Oct 2023 08:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item