Pelaksanaan Nafkah Iddah Istri (Studi Kasus Jorong Langggam Sepakat Kampung Jambu Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat)

Ratna, Ratna (2023) Pelaksanaan Nafkah Iddah Istri (Studi Kasus Jorong Langggam Sepakat Kampung Jambu Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, Fakultas Syariah.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI_RATNA_1913010146.pdf - Published Version

Download (589kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_RATNA_1913010146.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_RATNA_1913010146.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_RATNA_1913010146.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT_SKRIPSI RATNA_1913010146.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Nafkah Iddah Istri di Jorong Langgam Sepakat Kampung Jambu Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat” ditulis oleh Ratna NIM 1913010146, Prodi Hukum Keluarga, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Padang. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya nafkah istri yang tidak terlaksana di Jorong Langgam Sepakat Kampung Jambu Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Rumusan masalah adalah mengapa suami tidak memberikan nafkah iddah bagi istri yang ditalak raji`i di Jorong Langgam Sepakat Kampung Jambu Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, pertanyaan pertama adalah, apa faktor penyebab suami tidak memberikan nafkah iddah istri dalam masa iddah talak raj`i di Jorong Langgam Sepakat Kampung Jambu Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat? Kedua, apa upaya yang dilakukan istri tidak diberikan nafkah iddah oleh suaminya tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkkan bahwa pelaksanaan nafkah iddah istri di Jorong Langgam Sepakat kampung Jambu Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat belum berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kedua faktor penyebab suami tidak menjalankan nafkah iddah karena suami tidak mengetahui tentang kewajiban nafkah iddah, faktor suami mengetahui kewajiban tentang nafkah iddah istri, tetapi tidak memberikan nafkah iddah istri, faktor ekonomi, faktor suami penjudi, dan faktor suami menuduh istri selingkuh. Kata kunci: Pelaksanaan nafkah iddah istri, di Jorong Langgam Sepakat Ke. Kinali Kab. Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan nafkah iddah istri, di Jorong Langgam Sepakat Kec. Kinali Kab. Pasaman Barat.
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:19
Last Modified: 26 Sep 2023 02:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item