Strategi Peningkatan Penjualan Produk Ulu Podeh (Warisan Umak) di Kenagarian Air Bangis

Sandira, Devia (2023) Strategi Peningkatan Penjualan Produk Ulu Podeh (Warisan Umak) di Kenagarian Air Bangis. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (BAB I)
skripsi BAB I (devia sandira).pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB III (devia sandira).pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB V)
skripsi BAB V (devia sandira).pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (COVER)
cover DIRA.pdf - Published Version

Download (649kB)
[img] Text (FULL)
cover DIRA-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Strategi Peningkatan Penjualan Produk Ulu Podeh di Kenagarian Air Bangis”. Skripsi ini disusun oleh Devia Sandira dengan NIM 1916030114, Jurusan S1 Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Produk Ulu Podeh merupakan jenis industri makanan kue yang memiliki cita rasa pedas yang diolah dengan menggunakan beras ketan dan lada hitam.Namun produk Ulu Podeh belum mampu menjalankan model bisnis dengan efektif sehingga penjualan Produk Ulu Podeh tiap tahunnya tidak mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model bisnis Produk Ulu Podeh serta strategi dalam peningkatan penjualan Produk Ulu Podeh yang ditetapkan oleh kelompok Warisan Umak di Kenagarian Air Bangis.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan wawancara kepada kelompok Warisan Umak. Sumber data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT untuk membantu dalam perumusan strategi alternatif, yang dimulai dari menentukan Business Model Canvas (BMC) dan selanjutnya mengolah data menggunakan pairwise comparison untuk dianalisis menggunakan Analisis IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation), setelah itu dilanjutkan dengan analisis Tabel Bobot Skor dan Diagram SWOT. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa menurut analisis Matriks IFE Produk Ulu Podeh memiliki Sembilan kekuatan dan Sembilan kelemahan.Faktor kekuatan terbesar terletak pada elemen customer segment yaitu segmentasi pasar masyarakat dan wisatawan sedangkan kelemahan terbesar terletak pada key resources yaitu peralatan yang digunakan masih tradisional.Selisih antara faktor kekuatan dan kelemahan sebesar +0,890.Sedangkan hasil analisis EFE menghasilkan Sembilan peluang dan Sembilan ancaman.Faktor peluang terbesar terletak pada elemen Cos Struktur yaitu efisiensi biaya sedangkan faktor ancaman terbesar terletak pada elemen Customer Segment yaitu persaingan di bidang kuliner semakin ketat.Selisih antara faktor peluang dan ancaman adalah sebesar – 0,064.Strategi yang dapat digunakan oleh kelompok Warisan Umak berdasarkan analisis IFAS dan EFAS yaitu dengan menempatkan Produk Ulu Podeh pada kuadran II.Posisi ini membuktikan bahwa kelompok Warisan Umak yang kuat namun menghadapi sejumlah ancaman yang besar. Kata Kunci: Strategi Penjualan, BMC, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penjualan, BMC, SWOT
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:03
Last Modified: 26 Sep 2023 07:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item