Implementasi Permenkes Nomor 386 Tahun 1994 Terhadap Praktik Promosi Online Obat Tradisional di Shopee dan Relevansinya dengan Etika Bisnis Islam

Febrina, Amelia (2022) Implementasi Permenkes Nomor 386 Tahun 1994 Terhadap Praktik Promosi Online Obat Tradisional di Shopee dan Relevansinya dengan Etika Bisnis Islam. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Amelia Febriana_1713030148_Cover - Rahyu Indah Sarii.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Amelia Febriana_1713030148_Bab1 - Rahyu Indah Sarii.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Amelia Febriana_1713030148_Bab3 - Rahyu Indah Sarii.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Amelia Febriana_1713030148_Bab5_DaftarPustaka - Rahyu Indah Sarii.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Amelia Febriana_1713030148_Fulltext - Rahyu Indah Sarii.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakagi oleh banyaknya iklan online obat tradisional di online shop Shopee yang tidak sesuai dengan peraturan periklanan di Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi implementasi Permenkes Nomor 386 Tahun 1994 terhadap promosi online obat tradisional di Shopee serta bagaimana relevansinya dengan etika bisnis Islam terhadap praktik promosi online obat tradisional di Shopee. Metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan dua cara, yaitu: dokumentasi untuk mendapatkan data dari BBPOM maupun Shopee serta wawancara dengan pihak BBPOM untuk mengetahui bagaimana proses pengawasan promosi online obat tradisional di Shopee. Hasil penelitian ini diperoleh adalah pertama,implementasi Permenkes Nomor 386 Tahun 1994 pada Promosi Online Obat Tradisional di Shopee belum terlaksana dengan baik, dalam prakteknya masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi aturan dalam promosi online obat tradisional. Kedua,tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik promosi online obat tradisional di Shopee belum terlaksanakan keseluruhan. Masih terdapat pelanggaran seperti tidak jujur, tidak memenuhi akad dengan BPOM maupun Dinas Kesehatan, melakukan promosi palsu untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Selain itu juga melanggar beberapa prinsip dalam etika bisnis Islam yaitu prinsip Tauhid,Prinsip tertib administrasi dan prinsip longgar dan bermurah hati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:40
Last Modified: 05 Feb 2024 08:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item