Perencanaan Pemberangkatan Jamaah Haji di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Hardiani, Dira Yuli (2023) Perencanaan Pemberangkatan Jamaah Haji di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI)
COVER.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Dira Yuli Hardiani.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Dira Yuli Hardiani.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
BAB V, DAFTAR PUSTAKA DIRA.pdf - Published Version

Download (759kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text Dira Yuli Hardiani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perencanaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang sebagaimana dalam memberangkatkan jamaah haji bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggunakan beberapa rencana yaitu menyusun program yang akan dijalankan, menyesuaikan jadwal keberangkatan jamaah haji dan menyusun anggaran pemberangkatan jamaah haji ke tanah suci. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana rencana pemberangkatan jamaah haji yang dilakukan oleh bidang PHU, maka penulis melakukan penelitian Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deksriptif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dari bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), dan data sekunder diperoleh dari arsip-arsip, laporan PPIH tahun 2017-2019 dan surat menyurat dalam bentuk dokumen yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, wawancara dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat ditemukan: 1) Penyusunan program yang dilakukan Kanwil Kemenag Sumbar meninjau kembali terhadap program yang sedang berjalan dilakukan dengan cara rapat evaluasi dengan seluruh petugas kloter PPIH Embarkasi / Debarkasi Padang untuk membahas kendala atau masalah yang dihadapi dalam program penyelenggaraan ibadah haji, usulan program baru dilakukan dengan tujuan agar program yang dihasilkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, dengan mengkoordinasikan program menjadi sistem penyusunan program secara formal maka program tersebut diharapkan kedepannya dapat berjalan baik dan lancar. 2) Penjadwalan keberangkatan jamaah haji dilakukan dengan cara qur’ah atau sistem pencabutan lot kepada masing-masing Embarkasi yang ada di Indonesia, jamaah haji yang diprioritaskan keberangkatannya dilihat dari umur, riwayat haji, lamanya pendaftar calon jamaah haji, dan calon jamaah haji yang melunasi biaya haji. 3) Penetapan anggaran yang dilakukan Kanwil Kemenag Sumbar dilihat dari kuota haji yang diberikan. Anggaran kegiatan penyelenggaraan ibadah haji mengalami perubahan-perubahan setiap tahun dan disesuaikan dengan anggaraan tahunannya. Pengelolaan dana keuangan haji sudah terpelihara dan tersistem dengan baik dan pengelolaan dana haji tersebut dikelola oleh BPKH (Badan Pengelolaan Keuangan Haji).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pemberangkatan, jamaah Haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:24
Last Modified: 09 Oct 2023 03:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14184

Actions (login required)

View Item View Item