DINAMIKA SURAU JEMBATAN BESI SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KELURAHAN PASAR USANG KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT ( 2000-2016 )

Muhammad Rizki, Rizki (2018) DINAMIKA SURAU JEMBATAN BESI SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KELURAHAN PASAR USANG KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT ( 2000-2016 ). Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (COVER_ABSTRAK)
COVER _ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Full Text (file gabungan))
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Rizki, NIM. 1314090345, “Dinamika Surau Jembatan Besi Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Kelurahan Pasar Kecamatan Padang Panjang Barat (Tahun 2000-2016)” Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. tahun 2018 Pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah ketertarikan penulis terhadap perkembangan yang dialami oleh Surau Jembatan Besi, terutama dalam mengembangkan dan mengajarkan pendidikan Islam. Perkembangan Surau ini mengalami dinamika yang cukup panjang hingga akhirnya Surau ini mampu menjadi Lembaga Pendidikan Islam pada waktu itu. Selain masa jaya surau juga mengalami masa yang kelam hingga surau kembali bangkit sebagaimana fungsinya. Maka untuk mendapatkan informasi ini perlu dilakukan penelitian, agar Surau Jembatan Besi sebagai lembaga pendidikan Islam tidak terlupakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui awal perkembangan Surau Jembatan Besi, selain itu, penelitian ini juga berupaya mendeskripsikan dinamika Suarau Jembatan Besi ( tahun 2000- 2016),serta pengaruh surau sebagai lembaga pendidikan Islam pada saat ini ketika masyarakat mudah kena bias modernisasi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) Heuristik, yaitu mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, (2) melakukan kritik sumber terhadap sumber-sumber yang diperoleh di lapangan, (3) Analisis data dan (4) Historiografi yaitu menuliskannya dalam bentuk karangan ilmiah. Dari hasil penelitian, sebelum tahun 1900-an sudah berdiri lama pendidikan Islam di Surau Jembatan Besi. Guru- guru yang mengajar adalah mereka yang telah pulang menimba pengetahuan di Mekkah. Surau Jembatan Besi banyak menghasilkan kaum intelektual seperti, Rahmah El-Yunusiah, Hamka. Rasuna Said. Atas inisiatif mereka berhasil mendirikan Sumatera Thawalib yang merupakan pendidikan modern pertama di Indonesia, yang cikal bakalnya dari Surau Jembatan Besi. Meskipun pernah Berjaya surau juga pernah mengalami transisi kepemimpinan. Pada tahun 2000- 2006 dipimpin oleh Hendridwan Datuak Panghulu Basa dan pada tahun 2006- 2016 dipimpin oleh H. Ustad Ismet Saibi.Seiring perkembangannya terjadi disintegrasi antara ulama surau dengan pemuka nagari yang menimbulkan gesekan dan pergeseran yang tajam dalam masyarakat. Ketidak harmonisan hubungan penyelenggara kegiatan keagamaan di surau dengan pihak pemuka masyarakat dan pemerintahan desa menjadikan surau menjadi institusi yang semakin termarjinalkan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Sesuai dengan dikeluarkannya otonomi daerah, pemerintah Padang Panjang berupaya mengembalikan fungsi surau sebagai lembaga pendidikan Islam dengan segala kekurangan dan kelebihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 04:02
Last Modified: 16 Jul 2018 04:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item