Septia, Hani (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 15 Batang Barus Kabupaten Solok. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (cover,pengesahan,persetujuan pembimbing,abstrak,kata pengantar,daftar isi)
Cover,pengesahan,persetujuan pembimbing,abstrak,kata pengantar,daftar isi.pdf - Published Version Download (828kB) |
|
Text (BAB I Hani Septia 1914070045)
BAB I Hani Septia 1914070045.pdf - Published Version Download (344kB) |
|
Text (BAB III Hani Septia 1914070045)
BAB III Hani Septia 1914070045.pdf - Published Version Download (546kB) |
|
Text (BAB V Hani Septia 1914070045)
BAB V Hani Septia 1914070045.pdf - Published Version Download (368kB) |
|
Text (Lampiran Hani Septia 1914070045)
Lampiran Hani Septia 1914070045.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Skripsi Full Text Hani Septia 1914070045)
skripsi full text Hani Septia 1914070045.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan komunikasi peserta didik yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan yang tidak mendapatkan perlakuan di kelas V SDN 15 Batang Barus. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas V-A dan V-B. Pengambilan sampel dilakukan dengan adanya pertimbangan tertentu (Porposive Sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V-B dan kelas kontrol V-A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 85 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 75. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen 72% sedangkan pada kelas kontrol 17%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 29 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,001 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,011<0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips kelas V SDN 15 Batang Barus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking Chips, Komunikasi, Tematik |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:28 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14174 |
Actions (login required)
View Item |