Repi Julita, Repi (2018) SEJARAH PERJUANGAN SITI MANGGOPOH DALAM PERSPEKTIF NILAI PENDIDIKAN ISLAM TAHUN 1896- 1912. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text (COVER_ABSTRAK)
COVER _Abstrak.pdf - Published Version Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (523kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (250kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (432kB) | Preview |
|
Text (Full Text (file gabungan))
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Repi Julita, NIM.1314091244,“Sejarah Perjuangan Siti Manggopoh Dalam Perspektif Nilai Pendidikan Islam (Tahun 1896-1912). Prodi Tadris IPS KonsentrasiSejarah, FakultasTarbiyahdanKeguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. tahun 2018 Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis melihat perjuangan yang dilalui Siti Manggopoh. Karena perjuangan beliau untuk menyelamatkan masyarakat dan daerah,menyelamatkan mental dan pisik masyarakat khususnya masyarakat nagari Manggopoh. PeristiwaPerang Pajak (belasting) yang terjadi karena kacaunya sistem politik, terjadinya krisis ekonomi,dan penderitaan psikologis yang dialami oleh masyarakat pribumi, yaitu perubahan ideologi yang menuju kemerosotan moral akibat dari kolonialisme. Siti perempuan biasa yang berpendidikan surau, lingkungannya yang fanatik akan Islam, adat dan budaya yang kental.Maka untuk mendapatkan informasi ini perlu dilakukan penelitian, agar sosok Siti sebagai pejuang tidak terlupakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah perjuangan Siti Manggopoh menjelaskan posisi perempuan dalam adat Minangkabau serta menguraikan sejarah perjuangan tersebut dari sudut pandang nilai pendidikan Islam dalam bentuk empat nilai akhlak pribadi yaitu,nilai keberanian (syajaah), nilai rela berkorban (mujahadah), nilai kejujuran (amanah), nilai kekuatan (al quwwah). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, yang dimulai dari mengumpulkan sumber (heuristik), baik sumber primer maupun sumber sekunder. Semua sumber berasal dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang ditemukan dipilah sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian (Kritik Sumber). Data yang sudah dikritik kemudian dianalisa untuk menemukan fakta-fakta yang terdapat dalam sumber (sintesis). Hingga tahap akhir penulisan hasil penelitian(historiografi). Dari hasil penelitian,(1) Perang Pajakdidukung oleh beberapa faktor diantaranya: kesewenangan Belanda memungut pajak dan mengingkari janji yang telah ia buat 65 tahun yang lalu melalui Plakat Panjang.(2) Belanda melecehkan agama, adat dan mengganggu wanita di Manggopoh. Siti merupakan perempuan yang telah berfikiran maju pada saat itu, ia ikut andil dalam perang. Semangat perlawanan tersebut bukanlah untuk mengusir penjajah melainkan semangat mempertahankan marwah ( hargadiri). (3) Gema jihad fisabilillah telah menjadi alasan perjuangan Siti, nilai pendidikan Islam ditunjukan melalui simbol- simbol sosial melalui etika dan akhlak pada pejuang Siti Manggopoh. Nilai pendidikan Islam tersebut antara lain nilai keberanian (syaja’ah), nilai rela berkorban (mujahadah), nilai kejujuaran (amanah), nilai kekuatan (al- quwwata). Sejarah perjuangan Siti Manggopoh dapat menunjukan pesan dan tanda-tanda nilai pendidikan Islam. (4) Pengaruh sejarah perjuangan Siti Manggopoh tersebut dapat dijadikan sumber kearifan bagi generasi penerus bangsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 05:58 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 05:58 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1415 |
Actions (login required)
View Item |