KESADARAN HUKUM MASYARAKAT PADA DISTRIBUSI GAS LPG 3KG BERSUBSIDI DI DESA PEKAN TEBIH KECAMATAN KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU

IKHSAN, RENALDI (2023) KESADARAN HUKUM MASYARAKAT PADA DISTRIBUSI GAS LPG 3KG BERSUBSIDI DI DESA PEKAN TEBIH KECAMATAN KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI RENALDI IKHSAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 RENALDI IKHSAN.pdf - Published Version

Download (707kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III RENALDI IKHSAN.pdf - Published Version

Download (717kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V RENALDI IKHSAN.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_RENALDI_IKHSAN_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh pihak pangkalan yang mendistribusikan Gas LPG 3kg tidak hanya kepada orang miskin dan usaha mikro akan tetapi juga menjualnya kepada orang yang mampu dan pihak pengecer bahkan kepada pemborong yang menyababkan kelangkaan pada pasokan tabung Gas LPG 3kg bahkan sampai ada yang menimbun. Dimana dalam Islam sudah dijelaskan bahwa dalam sistem pendistribusian tidak dibenarkan menimbun barang untuk mendapatkan harga yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, yakni: pertama, apa faktor penyebab terjadinya penyimpangan pada Distribusi Gas LPG 3Kg Bersubsidi di Desa Pekan Tebih Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabuapten Rokan Hulu. Kedua, tingkat kesadaran hukum masyarakat Desa Pekan Tebih Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu pada Distribusi Gas LPG 3kg Bersubsidi. Ketiga, Analisis Ekonomi Syariah tentang Distribusi Gas LPG 3kg di Desa Pekan Tebih Kecamatan Kepenuhan hulu Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari informan dengan menggunakan taknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, skripsi, tesis dan peraturan perundang-undangan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan penyajian data dalam bentuk reduction, display, dan verification. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, faktor penyebab terjadinya penyimpangan pada distribusi tabung gas LPG 3kg tersbut adalah,pihak pangkalan tidak melihat latar belakang pembeli, tidak membatasi berapa jumlah yang dibeli pihak pengecer, pihak pengecer ingin mendapatkan keuntungan yang lebih. Kedua, Tingkat kesadaran hukum masyarakat Desa Pekan Tebih dalam aturan pendistribusian Gas LPG 3kg memiliki tingkat kesadaran hukum yang rendah daiantaranya yaitu pemahaman hukum dan sikap hukum yang rendah. Ketiga, Tindakan yang dilakukan pemerintah merupakan untuk menjaga kemaslahatan bagi konsumen. Pendistribusian Gas LPG 3kg bersubsidi dilakukan oleh pemerintah tidak lain dak tidak bukan adalah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, kesadaran hukum, gas 3 kg bersubsidi
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:52
Last Modified: 06 Oct 2023 03:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

View Item View Item