Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Faktor Emosional Terhadap Tingkat Kepuasan Jama'ah Umrah PT. Asyesa Hasanah Tour & Travel Sumatra Barat

Putra, M. Razali (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Faktor Emosional Terhadap Tingkat Kepuasan Jama'ah Umrah PT. Asyesa Hasanah Tour & Travel Sumatra Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, Pengesahan, dan Abstrak)
Cover, Pengesahan, dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (735kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (FullText)
FullText .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

M. Razali Putra, NIM. 1912030032, judul skripsi “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Faktor Emosional Terhadap Tingkat Kepuasan Jama’ah Umrah PT. Asyesa Hasanah Tour & Travel Sumatra Barat” program studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang masalah penelitian ini adalah untuk melihat gambaran pengaruh kualitas pelayanan dari suatu perusahaan berdasarkan dari tingkat kepuasan pelanggan. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan di suatu perusahaan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa kualitas pelayanan PT. Asyesa Hasanah Tour & Travel Sumatra Barat belum sepenuhnya mampu memberikan kepuasan kepada jama’ah. Hal ini dapat dilihat melalui bagaimana pelayanan yang diberikan kepada jama’ah dan fasilitas yang didapatkan jama’ah. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan secara empiris bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan faktor emosional terhadap kepuasan jama’ah umrah PT. Asyesa Hasanah Tour & Travel Sumatra Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dapat digunakan dengan menggunakan teknik simple random sampling menggunakan perhitungan dengan rumus slovin. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Research) karena peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket tertutup, yaitu angket di mana responden hanya memilih jawaban yang sudah disediakan dengan menggunakan skala likert yaitu responden hanya memberikan persetujuan atau ketidak setujuaannya. Gambaran variabel kualitas pelayanan PT. Asyesa Hasanah Tour & Travel Sumatra Barat dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yaitu nilai mean atau rata-rata yaitu 34,63 dengan nilai standar deviasi yaitu 3,320. Untuk nilai statistik faktor emosional yaitu nilai mean atau rata-rata yaitu 28,33 dengan nilai standar deviasi yaitu 3,179. Sedangkan untuk nilai statistik kepuasan jama’ah nilai mean atau rata-rata yaitu 31,46 dengan nilai standar deviasi yaitu sebesar 2,940. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan koefisien determinasi didapat hasil sebesar 0,125 atau 12,5%. Sisanya sebesar 88,5% diperoleh oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini berarti ada pengaruh kualitas pelayanan dan faktor emosioanl terhadap kepuasan jama’ah umrah PT. Asyesa Hasanah Tour & Travel Sumatra Barat. Dan dapat juga dilihat dari analisa hipotesa menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,031 < 0,05. thitung = 2,218 > ttabel = 2,010, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan jama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, dan Kepuasan Jama'ah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:34
Last Modified: 03 Oct 2023 07:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item