Efektivitas PERMA Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana Secara Elektronik Dalam Perspektif Mashlahah Mursalah (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Solok Kelas II)

Widia Wati, Deby (2023) Efektivitas PERMA Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana Secara Elektronik Dalam Perspektif Mashlahah Mursalah (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Solok Kelas II). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER, ORISINILITAS, PERNYATAAN, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, K.P, ABSTRAK, D.I)
COVER, ORISINILITAS, PERNYATAAN, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, K.P, ABSTRAK, D.I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI BAB I DEBY)
BAB I SKRIPSI DEBY.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI BAB III DEBY)
SKRIPSI BAB III DEBY.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI BAB V-DAFTAR PUSTAKA DEBY)
SKRIPSI BAB V-DAFTAR PUSTAKA DEBY.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI DEBY WIDIA WATI FULL)
SKRIPSI DEBY WIDIA WATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana Secara Elektronik Dalam Perspektif Mashlahah Mursalah (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Solok Kelas II)” disusun oleh Deby Widia Wati, NIM 1913030140, Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan terbitnya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana Secara Elektronik di Pengadilan Negeri. Masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana Perspektif Mashlahah Mursalah Terhadap Pelaksanaan Sidang Perkara Pidana Secara Elektronik di Pengadilan Negeri Solok. Pertanyaan penelitian ada dua, yaitu bagaimana pelaksanaan PERMA No. 4 Tahun 2020 terhadap persidangan secara elektronik di Pengadilan Negeri Solok Kelas II dan bagaimanakah perspektif Mashlahah Mursalah atas pelaksanaan PERMA No. 4 Tahun 2020 Terhadap persidangan perkara pidana secara elektronik di Pengadilan Negeri Solok Kelas II. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari informan melalui wawancara. Data sekunder diperoleh dari dokumen, Undang-Undang, Peraturan Mahkamah Agung , dan buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriftif. Hasil Penelitian ini adalah yang pertama, pelaksanaan sidang perkara pidana di Pengadilan Negeri Solok belum sepenuhnya berjalan secara efektif. Kedua, tinjauan perspektif Mashlahah Mursalah terhadap pelaksanaan sidang perkara pidana di Pengadilan Negeri Solok sesuai dengan Mashlahah (kebaikan) yaitu kemashlahatan yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia yang mendatangkan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan. Kata Kunci : Efektivitas, Sidang Elektronik dan Mashlahah Mursalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sidang Elektronik dan Mashlahah Mursalah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:01
Last Modified: 25 Sep 2023 05:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item