Natasya, Pritha (2023) Kesiapan Guru IPS Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Di Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK)
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
PRITHA NATASYA 1914090011 BAB 1.pdf - Published Version Download (761kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (566kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (486kB) |
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Kesiapan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 30 Padang”. Disusun oleh Pritha Natasya, NIM. 1914090011 Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1444 H/2023 M. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan bahwa adanya perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka di SMP Negeri 30 Padang sehingga guru perlu kesiapan untuk menerapkan kurikulum merdeka tersebut. Adapun kesiapan tersebut dapat dilihat dari modul ajar kurikulum yang ada di SMP Negeri 30 Padang, buku lembar kerja peserta didik yang terbatas, kurangnya minat peserta didik dan perlunya guru memahami struktur kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data atau yang menjadi objek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. 1) Sumber data primer, meliputi hasil dari wawancara dengan guru mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 30 Padang. 2) Sumber data sekunder, meliputi Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, peserta didik, dan rekan sejawat dari guru mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 30 Padang. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Guru SMP Negeri 30 Padang telah mengikuti pelatihan mengenai kurikulum merdeka. 2) Asesmen penilaian diagnostik telah dilaksanakan pada awal semester. 3) Guru IPS telah melaksanakan model pembelajaran Project Based Learning pada tema 3 tentang potensi ekonomi lingkungan. 4) Disiapkannya sarana dan prasarana pendukung oleh pihak SMP Neegeri 30 Padang. Kata Kunci: Kesiapan, Guru, Ilmu Pendidikan Sosial, Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan, Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:27 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:27 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14099 |
Actions (login required)
View Item |