ASPEK MAQASIDIDALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TENTANG KESAKSIAN (Studi Kitab Tafsir al-Jami’ li Ahkamal-Qur’anKarya al-Qurtubi)

Maryani, Wela (2023) ASPEK MAQASIDIDALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TENTANG KESAKSIAN (Studi Kitab Tafsir al-Jami’ li Ahkamal-Qur’anKarya al-Qurtubi). Post-Doctoral thesis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan)
1 FILE cover, abstrak dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (752kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (727kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Full Teks)
TESIS WELA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesisini berjudul “Aspek Maqasididalam PenafsiranAyat-Ayat tentang Kesaksian(Studi Kitab Tafsir al-Jami’ li Ahkamal-Qur’anKarya al-Qurtubi)”yang ditulis oleh Wela Maryani Nim 2120080036. Program studi Ilmu al-Qur‟an dan Tafsir, PascasarjanaUIN Imam Bonjol Padang, yang terdiri dari 87halaman. Latar belakang penelitian ini tentang aspek maqasididalam penafsiran ayat-ayat kesaksian,fokus pada kajian kesaksian perempuan, yangmana kesaksian perempuan tidak sama dengan laki-laki, apa hikmah dibalik perbedaan jumlah saksi pada perempuan dan laki-laki, dan dalam kasus yang berbeda jumlah saksi juga berbeda-beda, untuk melihat apa dibalik hikmah dari ayat tentang kesaksian perempuan tentu dengan menggunakan pendekatan tafsir maqasidi, khususnya pada aspekmaqasidiyang terdapat dalam kitab al-Jami‟ li Ahkam al-Qur‟an yang dikenal dengan corak fiqh namun bagaimana dengan pendekatan tafsir maqasidi, apakah tafsir al-Qurtubisudah menyentuh aspek tafsir maqasidiatau tidak.Fokus masalah dalam peneliatian ini adalah bagaimanapenafsiranimam al-Qurtubi terhadap ayat-ayattentang kesaksian perempuandalam kitab tafsir al-Jami‟ li Ahkamal-Qur‟an Karya al-Qurtubidan bagaimana aspek maqasidi terhadap penafsiran ayat-ayat tentang kesaksian perempuan dalam kitab tafsir al-Jami‟ li Ahkamal-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis isi (Content Analysis)dan menggunakan pendekatan metode tafsir maudhu‟iatau metode tafsir tematik.Kemudian membahas dan menganalisis pemahaman dari ayat-ayat tentang kesaksian menggunakan teori tafsir maqasidi dalam kitabtafsir al-Jami‟ li Ahkamal-Qur‟an,data primernyadarikitab tafsiral-Jami‟ li Ahkamal-Qur‟an Karya al-Qurtubisebagai sumber utama. Sedangkan sumber sekundernya adalah buku-buku ilmu al-Qur‟an, Jurnal, Majalah, Skripsi, Tesis, maupun Disertasi, dan artikel lainatau sumber bacaan yang terkait. Hasil penelitian yang penulis temukan adalah tafsir al-Qurtubiternyata beliau juga menyentuh pendekatan tafsir maqasidiyang terkandung dalam ayat-ayat tentang kesakisan perempuan, terdapat beberapa indikator maqasid antara lain hifz din, hifznafs,hifz „aql, hifz nasl, dan hifzmal. Semua aspek tersebut memiliki tujuan untuk mencapai manfaat dan mempertahankan nilai-nilai penting dalam kehidupan. Namun, hifz bi‟ahdan hifz DaulahKedua indikator ini belum nampak oleh penulis pada ayat-ayat mengenai kesaksian perempuan, karena dua indikator ini lebih cocok dibahas pada tema pancasilaatau tema yang berkaitan dengan negara dan lingkungan, seperti tema pancasila dilihat aspek maqasidi.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Tafsir Maqāsidi, Kesaksian, Tafsir al-Jāmi‟ li Ahkām al-Qur‟ān.
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:45
Last Modified: 12 Oct 2023 01:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item