Pemenuhan Nafkah Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus di Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhan batu Selatan)

Darmawan, Aldy (2022) Pemenuhan Nafkah Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus di Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhan batu Selatan). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Aldy Darmawan_1813010001_COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, DLL - Aldy Darmawan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Aldy Darmawan_1813010001_BAB I - Aldy Darmawan.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
Aldy Darmawan_1813010001_BAB III - Aldy Darmawan.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB V)
Aldy Darmawan_1813010001_BAB V - DAFTAR PUSTAKA - Aldy Darmawan.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Fulltext)
Aldy Darmawan_1813010001_FULL TEXT - Aldy Darmawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh kelalaian yang dilakukan seorang ayah terhadap kewajibannya untuk memberikan nafkah kepada anak-anaknya pasca terjadinya perceraian. Berdasarkan Al-Qur’an, Hadits, Undang-Undang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam bahwa nafkah anak merupakan kewajiban dari seorang ayah walaupun terjadinya perceraian antara suami istri. Adapun masalah penelitian ini adalah bagaimana pemenuhan nafkah anak pasca perceraian di Kelurahan Kota pinang Kecamatan Kota pinang Kabupaten Labuhan batu Selatan ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi sumber primer berupa wawancara dengan pasangan suami istri yang sudah bercerai. Sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal tentang perceraian dan nafkah anak pasca perceraian serta peraturan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis yang digunakan, yaitu dengan manajemen data dan transkrip data. Temuan dalam penelitian ini adalah : Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Kelurahan Kota pinang Kecamatan Kota pinang Kabupaten Labuhan batu Selatan, hanya dua orang ayah yang melaksanakan kewajibannya untuk menafkahi anak-anaknya. Delapan orang ayah tidak melaksanakan kewajibannya untuk menafkahi anak-anaknya pasca terjadinya perceraian. Adapun Penyebab tidak terpenuhinya nafkah anak pasca perceraian di Kelurahan Kota pinang Kecamatan Kota pinang Kabupaten Labuhan batu Selatan dikarenakan tiga faktor, yaitu karena faktor ekonomi, faktor tidak adanya tanggung jawab ayah dalam melaksanakan kewajibannya untuk menafkahi anak-anaknya dan faktor komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:44
Last Modified: 02 Feb 2024 07:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

View Item View Item